Ratusan Meter Kabel PLN Dicuri

Ratusan Meter Kabel PLN Dicuri

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID, KOTA JAMBI, JAMBI - Aksi para pelaku pencurian semakin nekat dan tidak mengenal takut. Seperti yang terjadi di RT 42, Kelurahan Mayangmangurai, Kecamatan Alambarajo ini. Kabel PLN yang masih terpasang sekira 250 meter raib dicuri, Jumat (12/11) lalu.

Menurut pengakuan warga, diperkirakan kabel tersebut dicuri saat subuh, tepatnya pukul 04.00 WIB. Akibatnya, aliran listrik di 2 perumahan yang menggunakan jalur PLN kabel tersebut terputus sampai saat ini. Atau hampir 1 minggu sejak kejadian tersebut.

Salah satu warga perumahan Villa Argenta, Amir mengatakan, bahwa saat itu warga mengira hanya terjadi pemadaman bergilir saja.

"Waktu ada warga yang mau keluar simpang perumahan ini, baru kelihatan ada bekas kabel yang diputus, panjangnya sekitar 200-300 meter," sebut Amir, Rabu (17/11).

"Saat ini, sejumlah warga mengaku sudah mendatangi pihak PLN untuk menyampaikan perihal kejadian tersebut," jelasnya.

Pantauan di lokasi, kabel yang diduga dicuri tersebut terpasang di 5 tiang PLN. Sisa potongan tampak jelas pada kabel. Setidaknya ada untaian potongan kabel yang tersisa, dari tiang PLN pertama hingga tiang PLN kelima.

Bekas potongan terlihat rapi dari kedua sisi. Sementara satu untai kabel lainnya tampak terlintang di atas tanah, tepi jalan menuju ke perumahan. Sementara itu, Manajer PLN UP3, Handi Adrhrean Abidin melalui Manajer Jaringan dan Konstruksi, Arham Ginting, membenarkan terkait aksi pencurian tersebut.

"Tetapi masih dalam pemeriksaan oleh tim kita," kata Arham, saat dikonfirmasi via telepon.

Belum diketahui pasti, total kerugian akibat aksi pencurian tersebut. Saat ini pihaknya telah melakukan pengecekan ke lokasi.

"Kita utamakan penyaluran listrik ke warga saja dulu, nanti baru kita proses lebih lanjut," pungkasnya. (dra/zen)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: