Gerakan Subuh Berjamaah, Jadi Kegiatan Rutin Sekolah

Gerakan Subuh Berjamaah, Jadi Kegiatan Rutin Sekolah

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID, KOTA JAMBI, JAMBI - Gerakan salat subuh berjamaah, merupakan salah satu gerakan yang dicanangkan oleh Gubernur Jambi Al Haris, pada tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat di Provinsi Jambi.

Hal inilah yang membuat SMAN 4 Kota Jambi menyelenggarakan gerakan salat subuh berjamaah tersebut. Kepala SMAN 4 Kota Jambi Naspridinal mengatakan, pihaknya sudah menyelenggarakan kegiatan salat subuh berjamaah tersebut 2 kali.

"Gubernur juga mencanangkan salat subuh berjamaah, SMAN 4 Kota Jambi, sudah lebih dahulu dan mau menuju ketiga kali. Ini menjadi kegiatan program rutin," ujarnya.

Menurutnya, dengan kapasitas musala yang dimilik sekolah, mampu menampung 150 jamaah. Maka, pihaknya membuat sistem sif bagi siswa, khususnya laki-laki untuk dapat melaksanakan salat subuh berjamaah.

"Karena kita menyesuaikan dengan kapasitas musala, jadi dibagi enam kelas dalam setiap pelaksanaannya," katanya.

Naspridinal mengatakan, tak ada unsur memaksa untuk kehadiran siswa ini. Hanya saja, selaku pihak sekolah, kata dia juga mengarahkan sesuai dengan tuntunan agama, bahwa salat berjamaah wajib bagi putra. Pihaknya pun akan mendata, dan memberikan reward bagi siswa yang datang salat subuh berjamaah.

"Jadi tentu ada reward untuk siswa kita yang hadir, demi keamanan juga kita minta diantar oleh orang tua," sebutnya.

Selain itu, orangt ua juga diimbau untuk dapat melaksanakan salat subuh berjamaah. Sehingga jamaah pada waktu salat tersebut dapat ramai dan khusyuk. Sejauh ini, kata dia siswa dapat menyelaraskan program yang dicanangkan oleh gubernur Jambi tersebut.

Kegiatan ini juga, lanjut Naspridinal, merupakan salah satu bentuk menyelaraskan dengan visi dan misi Jambi Mantap. "Pak gubernur mendorong agar visi misi gubernur juga selaras dengan visi misi sekolah," tandasnya.(tav/zen)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: