Kasus DNA Pro: Ivan Gunawan, Rossa Hingga Rizky Billar Kembalikan Uang Capai Rp1 Miliar

Kasus DNA Pro: Ivan Gunawan, Rossa Hingga Rizky Billar Kembalikan Uang Capai Rp1 Miliar

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Kasus DNA Pro menyeret sejumlah artis tanah air. Setelah diperiksa, artis-artis ini pun ada yang mengembalikan uang dari DNA Pro tersebut.

Deretan selebritas itu, yakni Ivan Gunawan, Rizky Billar dan Lesti Kejora, Rossa, Yosi Project Pop, serta Nowela Auparay.

Sebelumnya, mereka telah menjalani pemeriksaan. Ada yang mengembalikan uang lantaran jadi brand ambassador. Ada pula lantaran diberi hadiah.

Tak hanya itu, ada artis yang siap menyerahkan uang hasil bayaran dari manggung untuk acara DNA Pro.

Dua di antara artis itu, telah mengembalikan uang yang diterima dari DNA pro, sedangkan tiga lainnya siap menyerahkan uang tersebut.

Berikut sederet artis yang telah mengembalikan dan siap untuk kembalikan uang dari DNA Pro.

1. Ivan Gunawan
Presenter Ivan Gunawan merupakan selebritas pertama yang mengembalikan uang terkait DNA Pro ke penyidik Bareskrim Polri terkait kasus robot trading DNA Pro.

Tak sedikit, Ivan Gunawan mengembalikan uang ratusan juta rupiah.

"Dikembalikan Rp 921.700.000 karena potong pajak," kata Kasubdit I Dittipideksus Bareskrim Polri Kombes Yudi Usman, Kamis 14 April 2022.

Sebab Ivan dikontrak sebagai brand ambassador DNA Pro.

2. Rizky Billar dan Lesti Kejora
Pasangan Rizky Billar dan Lesti Kejora telah mengembalikan hadiah uang sekoper yang diberikan oleh tersangka kasus penipuan robot trading DNA Pro, Stefanus Richard ke Bareskrim Polri.

Adapun uang yang diserahkan ke pihak berwajib konon mencapai Rp 1 miliar.

Uang tersebut merupakan pemberian tersangka Stefanus Richard, Co-founder DNA Pro, untuk hadiah hari kelahiran putra Billar dan Lesti Kejora.

3. Rossa
Sama seperti Ivan Gunawan dan Rizky Billar, serta Lesti Kejora, Rossa juga telah dimintai keterangan sebagai saksi atas kasus DNA Pro.

Rossa menyatakan siap menyerahkan honor manggung yang dia dapat dari acara yang digelar DNA Pro.

Namun, perempuan yang akrab disapa Teh Oca itu menegaskan uang tersebut bukan bagian dari barang sitaan.

Honor tersebut akan dijadikan sebagai bahan penyelidikan oleh pihak Bareskrim.

"Bukan dikembalikan. Kalau dikembalikan berarti sebagai barbuk (barang bukti), tetapi disita sementara," kata Rossa.

Rossa terseret dalam masalah penipuan robot trading DNA Pro karena pernah diundang bernyanyi di salah satu acara aplikasi ilegal tersebut.

4. Yosi
Yosi Project Pop juga menyatakan siap mengembalikan honor yang dia dapat dari membuat jingle lagu untuk DNA pro.

Meskipun honor yang dia terima bukan hanya untuknya, tetapi Yosi bersedia merogoh kocek pribadi untuk menyerahkan uang tersebut.

"Ya tadi seperti yang tadi sudah saya sampaikan saya siap menyerahkan bukti yang dibutuhkan," ucap Yosi di Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Jumat 22 April 2022.

Adapun Yosi mengaku menerima bayaran pembuatan jingle lagu senilai Rp 115 juta. Namun, uang itu juga dibayarkan kepada pihak terkait dalam pembuatan lagu.

5. Nowela Auparay
Senada dengan Yosi Project Pop, Nowela juga siap menyerahkan honor manggung dari acara yang digelar DNA pro.

Penyanyi jebolan Indonesian Idol itu mengatakan dirinya akan mengembalikkan jika memang diminta oleh penyidik.

"Saya sangat kooperatif kalau memang harus dikembalikan saya akan kembalikan, terutama mengembalikan apa yang bukan milik saya," tutur Nowela Auparay.

Adapun terkait kasus DNA Pro, penyidik menetapkan 12 orang sebagai tersangka, yakni inisial YS, RU, RS, RK, FR, AB, ZII, JG, ST, FE, AS, dan DV. (*)

Artikel ini telah tayang di jpnn.com, dengan judul Ivan Gunawan Hingga Rizky Billar Kembalikan Uang Dari DNA Pro, Artis Lainnya?

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: