Arus Mudik Dimulai, 977 Orang dan 55 Bus Keluar dari Jambi

Arus Mudik Dimulai, 977 Orang dan 55 Bus Keluar dari Jambi

JAMBI, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID – Arus mudik dengan star lebih awal sepertinya sudah mulai dilakukan oleh masyarakat Jambi. Pasalnya, jelang arus mudik yang terjadi pada 28 April mendatang, saat ini sudah banyak masyarakat yang pulang ke kampung halaman untuk melakukan lebaran idul fitri tahun ini.

Kepala Koordinator Terminal Alam Barajo Kota Jambi Ibrahim mengatakaan, saat ini arus mudik di terminal Alam Barajo masih sangat sedikit. Namun, dibandingkan tahun lalu sudah terdapat peningkatan pada arus mudik lebaran.

Kata dia, ada kenaikan pada jumlah bus keberangkatan pada tahun ini jelang mudik lebaran, pada tahun 2022 ini, ada 55 bus yang melakukan keberangkatan dari Jambi ke pulai Jawa dan ke luar Provinsi Jambi, dengan membawa penumpang kurang lebih sebanyak  977 orang.

Sementara di tahun lalu, hanya sekitar 20 bus perhari dengan jumlah penumpang 660 orang. “Memang setelah adanya kelonggaran mudik ini ada peningkatan pada tahun ini dibandingkan tahun lalu,” kata dia, Minggu (24/4).

Baca Juga: Menkominfo Johnny Dorong Perempuan Berpartisipasi Tinggi di Sektor Kewirausahaan

Baca Juga: Kasus Korupsi Dana Hibat KPU Tanjab Timur, Jaksa Kasasi Putusan Nurkholis-Mardiana

Lanjutnya, diperkirakan peningkatan arus mudik nanti akan mencapai 100 persen. Namun, untuk saat ini kondisi arus mudik masih tergolong sepi, dia memperkirakan arus mudik akan meningkat pada 28 April mendatang, karena itu merupakan hari libur yang diberikan pemerintah.

“Jadi itu yang menjadi kesempatan masyarakat untuk pulang kampung, sehingga kepadatan arus mudik memungkinkan pada akhir April ini, jelang tiga hari lebaran idul fitri,” tambahnya.

Sementara untuk tujuan arus mudik yang sudah banyak yakni di Pulau Jawa seperti, Jawa Timur, Jawa tengah, Yogyakarta, Jakarta, Bandung. Kemudian yakni di pulau Sumatera seperti, Padang Sumatera Barat, Pekanbaru, Medan, Aceh, Palembang, Lampung, Bengkulu, Lubuklinggau.

“Kita sudah melakukan persiapan untuk arus mudik nanti, sehingga mudik bisa dilakukan dengan lancar dan aman,” sebutnya.

Baca Juga: Penyidik Segera Gelar Perkara Kasus Pemalsuan KTP Elektronik di Disdukcapil Kota Jambi

Baca Juga: 3 Kendaraan Terlibat Kecelakan di Jalan Pattimura, Antar Pengendara Berakhir Berdamai

Sementara untuk saat ini berbanding terbalik, untuk jumlah kendaraan yang masuk ke Jambi sampai saat ini baru 12 bus dalam empat hari lalu, dengan jumlah penumpang sebanyak 246 orang.

Kemudian dia juga akan mengetatkan protokol kesehatan kepada penumpang bus, minimal dengan mengunakan masker, mencuci tangan dan melihat sertifikasi vaksinasi dengan aplikasi peduli lindungi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: