Dukung Kompetensi Pekerja UMKM Kemnaker Punya Banyak Jurusan Pelatihan

Dukung Kompetensi Pekerja UMKM Kemnaker Punya Banyak Jurusan Pelatihan

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Untuk mendukung bantuan kewirausahaan yang diberikan pada kelompok UMKM di berbagai daerah, Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) terus melakukan program pengembangan perluasan kesempatan kerja.

Hal ini disampaikan oleh Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah saat menyampaikan sambutan di acara Focus Group Discussion (FGD) dengan tema "Gema Ramadhan Bersama UMKM Kartini Jawa Timur" secara virtual, Selasa,  26 April 2022 lalu.

Dikatakan Ida bahwa banyak jurusan pelatihan yang dimiliki oleh Kemnaker merupakan jurusan yang menunjang kompetensi bagi pekerja di sektor UMKM.

"Hal ini sejalan dengan upaya pemerintah menjadikan sektor UMKM sebagai salah satu prioritas utama dalam program pemulihan ekonomi nasional (PEN)," jelasnya.

Baca Juga: Mau Mudik? Cek Dulu 3 Hal Penting Berkendara Aman Bersama Keluarga

Baca Juga: Nasib BLT

Dijelaskan oleh Ida bahwa 94 persen UMKM mengalami penurunan penjualan selama pandemi Covid-19. Hal inipun  memberikan pukulan berat pada perekonomian, terutama bagi sektor UMKM.

"Hal.ini berdasarkan survei yang dilakukan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) terhadap UMKM dimana hasilnya sebanyak   94 persen usaha mengalami penurunan penjualan," ujarnya.

Bahkan dikatakan Ida penurunan penjualan lebih dari 75 persen dialami lebih dari 40 persen UMKM dari berbagai kelas usaha.
Hal ini berdampak pada tenaga kerja yang bergerak di sektor UMKM, khususnya tenaga kerja  wanita yang cukup besar jumlah dan proporsinya di sektor UMKM.

“Karena itu, banyak dari paket bantuan tersebut diberikan kepada kelompok perempuan sehingga mereka dapat kembali terberdayakan serta membantu membangkitkan perekenomian keluarga dan masyarakat di daerahnya masing-masing,” ungkapnya.

Baca Juga: Kabar Duka dari UNILA, Prof Ainin Niswati Guru Besar Ilmu Tanah Meninggal Dunia

Baca Juga: Oh Ternyata Ini 3 Manfaat Daun Salam, Bisa Bikin Jantung Sehat

Selain itu, Kemnaker juga akan terus menggenjot pelatihan untuk peningkatan kompetensi dan kualitas pekerja di masa pandemi.

Menaker menyampaikan dengan semakin tumbuh dan majunya UMKM terutama di era digital diharapkan banyak perempuan yang bisa ikut masuk ke pasar kerja dan berkontribusi pada perekonomian.

"Oleh karena itu, saya sangat mengapresiasi kegiatan FGD bersama UMKM Kartini Jawa Timur sebagai kegiatan konkret untuk mendukung kiprah UMKM sebagai ujung tombak perekonomian Indonesia," ucapnya. (viz)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: