1.321 Jemaah Haji Jambi Bakal Berangkat

1.321 Jemaah Haji Jambi Bakal Berangkat

JAMBI, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID – Akhirnya sekarang sudah dipastikan, ibadah haji tahun ini diberangkatkan. Saat ini, Kanwil Kemenag Provinsi Jambi memastikan ada sebanyak 1.321 jemaah haji yang dipastikan akan diberangkatkan ke tanah suci Arab Saudi.

Analis Kebijakan Ahli Muda Bidang Haji dan Umroh Kanwil Kemenag Provinsi Jambi Muhammad Bafadhal mengatakan, nantinya akan ada satu orang Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) yang mendampingi keberangkatan jemaah haji,

“Kami sudah menentukan kuota jemaah haji yang siap diberangkatkan nanti akan ada para pendamping, jadi total ada 1.328 orang yang berangkat,” kata dia, Selasa (26/4).

Artinya nantinya ada enam orang petugas haji daerah yang juga akan mendampingi para jemaah di Arab Saudi. Bafadhal menyebutkan, nantinya akan ada tiga kelompok keberangkatan. Pasalnya Bafadhal menjelaskan, pesawat hanya dapat memuat maksimal 450 orang penumpang.

Baca Juga: Berkas Kasus Pembunuhan di Gunungraya Rampung, Pekan Ini Dilimpahkan

Baca Juga: Miris! Pejabat PBD di Batanghari Ditangkap karena Jual Sabu

Sementara itu saat ini pihaknya juga masih memverifikasi para calon jemaah haji yang telah terdata. “Untuk keseluruhan masih belum kami verifikasi. Yang belum masih ada tiga daerah lagi, yakni Kota Jambi, Merangin, dan Sarolangun. Ini akan kami kejar,” tambahnya.

Adapun verifikasi yang dimaksud adalah mengecek kembali visa, umur para calon jemaah, dan sebagainya. “Bahkan tak menutup kemungkinan ada calon jemaah ada yang sudah meninggal tapi belum melapor ke kami,” sebutnya.

Dirinya juga menjelaskan setelah lebaran Idul Fitri pihaknya akan membuka layanan pelunasan  dana haji. Pelunasan akan dilakukan pada 9 sampai 16 Mei nanti. “Kita akan buka kembali pelunasan. Ini untuk calon jemaah yang sempat menarik kembali biaya pelunasan. Tapi itu tidak banyak, rata-rata calon jemaah sudah selesai masalah biaya,” tandasnya. (slt)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: