Satpol PP di DIY Mendapat Penghargaan, Berdasarkan 3 Penilaian Ini

Satpol PP di DIY Mendapat Penghargaan, Berdasarkan 3 Penilaian Ini

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Direktur Pol PP dan Linmas Kemendagri Bernhard E. Rondonuwu mengatakan DIY akan menjadi laboratorium 547 Satpol PP yang ada di seluruh kabupaten/kota. Satpol PP di DIY dianggap yang terbaik di seluruh Indonesia sehingga mendapatkan Penghargaan Karya Bhakti Peduli Satuan Polisi Pamong Praja Tahun 2022.

Berdasarkan sejumlah penilian akhirnya penghargaan itu diberikan kepada Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X sebagai kepala daerah yang berhasil membawa Satpol PP di wilayahnya berprestasi. 

Penilaian pertama, Bernhard menilai fungsi koordinasi Satpol PP DIY luar biasa sehingga mampu menjalankan fungsinya sebagai wakil pemerintah pusat untuk melaksanakan penegakan perda dari provinsi sampai ke daerah-daerah.

Kedua, penganggaran untuk Satpol PP di DIY sangat besar sehingga instansi itu mampu memberikan bantuan kepada masyarakat lewat pemerintah desa dan kecamatan.

Baca Juga: Wow Ternyata 90 Persen Wanita Menyukai Pria Humoris Ini Penjelasannya

Baca Juga: 5 Tips Mengatasi Kukit Wajah Berjerawat Auto Glowing Pas Lebaran

"Di Indonesia, baru ini ada (Pol PP memberikan bantuan). Jadi, ini merupakan pionir karena selama ini jajaran Pol PP itu sangat dikenal dengan kekurangan anggaran. Akan tetapi, justru di Yogyakarta bisa," ucap Bernhard.

Alasan yang ketiga adalah terkait dengan pembinaan Satlinmas Istimewa, yakni kolaborasi antara provinsi dengan kabupaten/kota dalam melaksanakan pembinaan linmas.

Pembinaan yang mencakup tujuh wilayah di DIY yaitu lima wilayah pesisir, satu wilayah bendungan, dan satu wilayah pegunungan seluruhnya benar-benar dimaksimalkan potensinya. "Ini menjadi contoh bagi daerah lain, karena linmas saat ini makin menurun di tengah-tengah dinamika masyarakat," kata dia. (*) 

Artikel ini telah tayang diJPNN.comdengan judul

"3 Alasan DIY Jadi Laboratorium Satpol PP se-Indonesia",

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: