Terungkap, Penyebab Kebakaran Tanjungan Plaza 5 , Ini Penjelasannya

Terungkap, Penyebab Kebakaran Tanjungan Plaza 5 , Ini Penjelasannya

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Setelah insiden kebakaran di Tanjungan Plaza 5 beberapa waktu lalu, akhirnya penyebab pasti kebakaran itu terjadi diketahui. Hal tersebut terjadi karena losse contack pada salah satu kabel lampu penerangan yang berada di plafon teras bioskop lantai sepuluh gedung tersebut. Akibat hal itu komponen terminal lampu meleleh dan membakar isolasi kabel.


"Hasil laboratorium, sumber api pemicu kebakaran berasal dari akumulasi panas (heat accumulation) selama terjadinya hubung longgar listrik (loose contact) pada salah satu terminal kabel lampu penerangan," kata kabid Labfor Polri Cabang Surabaya Kombes Sodiq Pratomo Sodiq, Rabu 27 April 2022.


Percikan api yang muncul makin membesar setelah mengenai media bahan mudah terbakar, seperti plastik, kayu, kertas di sekitar area plafon. Loose contact terjadi pada sebuah sekrup terminal lampu penerangan.


"Di sekrup terminal lampu. Biasanya dipasang di terminal, lalu dikencangkan (dikunci) pakai sekrup," jelasnya.

Baca Juga:Bantu Masyarakat Jelang Idul Fitri, Asian Agri Gelar Bazaar Ramadan

Baca Juga: Papua Tidak Akan Damai Sampai Kapanpun, Jika Ini Masih Terjadi..


Terkait adanya unsur kesengajaan atau tidak dalam pemicu kebakaran tersebut, pihak labfor enggan menyampaikannya lantaran hal itu menjadi kewenangan penyidik Polrestabes Surabaya.
"Itu ranahnya penyidik. Perlu pendalaman penyidik," kata Sodiq. (*)


Artikel ini telah tayang diJPNN.comdengan judul
"Labfor Beberkan Penyebab Kebakaran Mal Tunjungan Plaza, Ternyata Karena Ini",

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: