Soal Seleksi PPPK 2024 Tentang Apa? Berikut Kisi-Kisinya

Soal Seleksi PPPK 2024 Tentang Apa? Berikut Kisi-Kisinya

Materi Pokok Soal Seleksi Kompetensi PPPK Kota Jambi -Freepik/jambi-independent.co.id-

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Buat yang belum berhasil pada pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) jangan berkecil hati, pendaftaran Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) akan segera dibuka. 

Pendaftaran PPPK kabarnya akan dibuka akhir September, yang nantinya akan memiliki beberapa tahap seleksi yang harus di ikuti. 

Berikut ini merupakan beberapa tahap tes PPPK beserta kisi-kisinya:  

1. Materi Kompetensi Teknis

Penguasaan pengetahuan, keterampilan, dan sikap/perilaku yang dapat diamati, diukur, dan dikembangkan, yang spesifik berkaitan dengan bidang teknis jabatan.

BACA JUGA:Ini Tugas Utama KPPS Pilkada 2024 dan Besaran Gaji

BACA JUGA:Jangan Salah, Ini 5 Makanan yang Tak Boleh Dikonsumsi Bersamaan dengan Buah Pisang

2. Materi Kompetensi Manajerial

Seleksi ini akan menilai komitmen, kemampuan, dan perilaku individu dalam berorganisasi yang dapat diamati dan diukur, seperti Integritas, Kerja sama, Komunikasi, Orientasi pada hasil, Pelayanan publik, Pengembangan diri dan orang lain, Mengelola perubahan, Pengambilan keputusan. 

3. Materi Kompetensi Sosial Kultural

Seleksi ini bertujuan untuk menilai pengetahuan dan sikap dalam pengalaman berinteraksi terhadap masyarakat yang beragam, agama, suku dan budaya, perilaku, wawasan kebangsaan, etika, nilai-nilai, moral, emosi dan prinsip yang berkaitan dengan Kepekaan terhadap keberagaman, Kemampuan berhubungan sosial, Kepekaan terhadap pentingnya persatuan, Empati.

4. Materi Wawancara

Tahap ini akan menggali informasi nonkognitif yang bertujuan untuk menilai integritas dan moralitas yang meliputi kejujuran, komitmen, keadilan, etika, dan kepatuhan.

Tiap tahap seleksi akan memiliki jenis soal yang berbeda,dengan bobot dan jumlah soal yang berbeda. Secara keseluruhan, soal PPPK 2024 memiliki sebanyak 145 butir, yaitu:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: