Penerimaan PPPK Segera Dibuka dengan Beberapa Tahap Seleksi, Ini yang Harus Dipersiapkan!

Penerimaan PPPK Segera Dibuka dengan Beberapa Tahap Seleksi, Ini yang Harus Dipersiapkan!

ilustrasi Pendaftaran PPPK Guru -Ilustrasi Foto: dok-JPNN.com

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) akan segera dibuka. Menurut kabar yang beredar, pendaftaran PPPK 2024 akan dibuka pada minggu terakhir September 2024.

Pendaftaran PPPK 2024 nantinya akan lebih dikhususkan kepada tenaga honorer Kementerian atau Lembaga dan Pemerintah Daerah (Pemda).

Pengkhususan ke tenaga honorer akan dilakukan melalui rekrutmen PPPK 2024 sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2023 tentang ASN.

Namun, sebelum melakukan pendaftaran, para peminat bisa mempersiapkan segala aspek materi yang akan diuji dalam tes PPPK tersebut.

BACA JUGA:Simak, Ini Ketentuan Mengikuti SKD dan SKB CPNS 2024

BACA JUGA:Seleksi PPPK Dikhususkan Buat Para Honorer! Berikut Syarat Pendaftaran PPPK 2024

Jika dalam tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) menggunakan istilah Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB), dan PPPK pun perlu melewati seleksi dengan beberapa tahapan.

Mengutip Keputusan Menteri PANRB (KepmenPANRB) 2024, seleksi PPPK 2024 terdiri dari Seleksi Administrasi dan Seleksi Kompetensi.

Yang mana seleksi PPPK 2024 termasuk Seleksi Kompetensi Teknis, Seleksi Kompetensi Manajerial, Seleksi Kompetensi Sosial Kultural, dan Wawancara. 

Pada tahap Seleksi Kompetensi dan Wawancara, nantinya akan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) dari Badan Kepegawaian Negara BKN).

BACA JUGA:Hindari Macet, Dokter Deri Pilih Jalan Kaki Sejauh 1 Km untuk Hadiri Pembukaan MTQ

BACA JUGA:Manfaat Kulit Manggis untuk Kesehatan: Kaya Nutrisi dan Antioksidan

Dua tahap seleksi tersebut akan memiliki durasi yang telah ditentukan. Durasi yang diberikan nantinya akan berbeda, antara pelamar umum dan pelar dengan disabilitas sensorik netra.

Seleksi Kompetensi Teknis, Manajerial dan Sosial Kultural berdurasi 120 menit, khusus pelamar disabilitas sensorik netra 150 menit. Wawancara berdurasi 10 menit, khusus pelamar penyandang disabilitas sensorik netra 15 menit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: