Ketua Banmus Pemekaran Kerinci Sebut Soal Pemekaran Kerinci Tafyani Orang yang Tepat

Ketua Banmus Pemekaran Kerinci Sebut Soal Pemekaran Kerinci Tafyani Orang yang Tepat

Candra Purnama Ketua Banmus pemekaran Kerinci -Foto : Saprial-Jambi-independent.co.id

KERINCI,JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Pemekaran KERINCI bukanlah isu yang muncul setiap Pilkada. Namun Pemekaran KERINCI Hilir sudah jauh-jauh hari dilakukan dan harus terus diperjuangkan dan didorong oleh semua pihak.

 Perjuangan tersebut harus dilakukan oleh pemerintah daerah Kerinci maupun Badan Musyawarah Pemekaran Kerinci termasuk juga tokoh masyarakat. 

Hal inilah yang dijelaskan Candra Purnama, Ketua Banmus Pemekaran Kerinci saat dikonfirmasi awak media baru-baru ini. Karena pada dasarnya pemekaran wilayah dibolehkan undang-undang. Sehingga ketika disetujui pemerintah pusat, pemerintah daerah sudah siap. 

"Masalah pemekaran Kerinci dgn membentuk Kabupaten Kerinci Hilir, sudah cukup lama dicita-citakan oleh masyarkat Kerinci Hilir (sejak awal kepemimpinan Alm Bpk H. Fauzi Siin ). Namun, secara inten dan serius peemekaran/pembentukan Kabupaten Kerinci Hilir, oleh Tomas Kerinci Hilir sejak tahun 2014. Dengan berkumpulnya Tomas, baik yang ada di Kerinci maupun yang ada di perantauan. Duduk bersama, mengadakan musyawarah dan bermufakat untuk mengusulkan pemekaran Kabupaten Kerinci. Jadi pemekaran Kerinci bukan isu lagi, tapi benar-benar harus diperjuangkan bersama. Baik pemerintah daerah maupun pihak lainnya, " ujarnya.

BACA JUGA:HBA Pimpin Tim Pemenangan Al Haris-Abdullah Sani di Pilgub Jambi 2024

BACA JUGA:Ribuan Jemaah GKPS Kota Jambi Nyatakan Sikap Dukung Penuh H Abdul Rahman-H Andi Muhammad Guntur Muchtar

Candra mengatakan saat ini Kerinci Hilir dinilai sudah layak untuk pemekaran. Apalagi dengan kondisi wilayah Kerinci hilir dengan ibukota Kabupaten Kerinci yang cukup jauh. Sehingga untuk pemerataan pembangunan, pelayanan publik yang maksimal, serta berbagai aspek lainnya, Pemekaran Kerinci sangatlah penting. 

"Dari Gunung Raya atau Batang Merangin ke Siulak itu cukup jauh, kalau orang berurusan berapa jarak yang dia ditempuh, itu kalau selesai sehari, kalau misalnya dua hari bagaimana. Belum lagi biaya yang dikeluarkannya," kata Candra.

Selain itu, untuk pemerataan pembangunan. Baik itu pembangunan infrastruktur maupun bangunan perkantoran lainnya. Untuk saat ini, menurut Candra tejadi kesenjangan antara Kerinci Hilir dan wilayah Siulak. Seperti jalan-jalan kabupaten di wilayah Gunung Raya, Batang Merangin, dan jalan kabupaten yang ada di desa wilayah hilir masih jauh tertinggal. 

"Jadi intinya pemekaran Kerinci ini baik untuk semua masyarakat Kerinci. Bukan hanya Kerinci Hilir, karena nanti kalau wilayah sudah mekar, tentu akan cepat maju dalam segala hal, infrastruktur, pelayanan ke masyarakat termasuk pengembangan SDM, " jelas Candra.

BACA JUGA:Cara Alami Mengatasi Jerawat untuk Kulit Sehat

BACA JUGA:Waspada Saat Perjalanan Jauh, Cek Panas Berlebih pada Rem Tromol Motor

Lantas siapa yang paling layak untuk pemekatan Kerinci, menurut Candra mantan Sekda Sungai Penuh ini, Figur Tafyani dinilai yang paling tepat. Karena pemekaran Kerinci Hilir ini butuh bantuan dari pemerintah daerah.

"Tentunya pak HTK yang paling pantas dan kompeten untuk memperjuangkan terwujudnya Pemekaran Kerinci Hilir. Dengan pertimbangan, HTK adalah putra terbaik dari Kerinci Hilir. Punya Komitmen yang kuat memperjuangkan Pemekaran Kerinci. HTK punya relasi ke propinsi maupun ke tingkat Pusat," jelas Candra.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: