PON 2024, Selebrasi untuk Sukses Bangkit dari Tsunami 20 Tahun Lalu

PON 2024, Selebrasi untuk Sukses Bangkit dari Tsunami 20 Tahun Lalu

Sejumlah pengunjung berada di kawasan tugu peringatan tsunami di Desa Gampong Pasir Lhok Aron, Kecamatan Johan Pahlawan, Aceh Barat, Aceh.-arsip ANTARA-

PON 2024 pun tidak bisa dimaknai semata dari kacamata olahraga, karena ini juga momen penegasan tentang tekad dan energi bangkit masyarakat Aceh.

PON ini juga bisa dimaknai sebagai perayaan untuk sukses bangkit melewati bencana dahsyat, seperti Jepang memaknai Olimpiade 2020 sebagai perayaan untuk bangkitnya mereka setelah ditimpa tsunami yang juga dipicu gempa megathrust bawah laut pada 2011.

Tapi selebrasi ini tentunya bukan perayaan yang melupakan tragedi 20 tahun silam. Sebaliknya, menjadi pengingat sehingga Indonesia terus bersiap menghadapi bencana alam di masa depan.

Itu pula pesan di balik monumen-monumen tsunami di Aceh, termasuk Museum Tsunami Aceh yang tak jauh dari Stadion Harapan Bangsa, tempat PON 2024 dibuka oleh Presiden Joko Widodo, hari ini.

BACA JUGA:Pendaki Gunung Kerinci Alami Hipotermia Berhasil Dievakuasi Tim SAR Gabungan

BACA JUGA:Pendaki Gunung Kerinci Alami Hipotermia di Shelter 2, Tim SAR Bergerak Lakukan Evakuasi

Pesan itu demikian penting, terutama oleh fakta bahwa Indonesia berada di Cincin Api Pasifik yang sarat bencana, dari letusan gunung berapi, gempa bumi, sampai tsunami.

Oleh karena itu, PON 2024 adalah juga tentang setia mengingat bencana alam 2004 sehingga bangsa ini tak pernah lengah menghadapi kemungkinan timbulnya bencana di kemudian masa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: