Festival Literasi Geragai, SKK Migas-PetroChina Int' Jabung Ltd Mengulas Tradisi Bedak Sejuk Duano

Festival Literasi Geragai, SKK Migas-PetroChina Int' Jabung Ltd Mengulas Tradisi Bedak Sejuk Duano

Festival Literasi Geragai Bertajuk Bincang Budaya, SKK Migas-PetroChina Int' Jabung Ltd Mengulas Tradisi Bedak Sejuk Duano.--

MUARASABAK, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Pihak SKK Migas-PetroChina International Jabung Ltd terus konsen dalam mengangkat dan melestarikan tradisi serta budaya yang ada ditengah-tengah masyarakat Kabupaten Tanjab Timur.

Seperti halnya yang dilakukan oleh komunitas di Cafe Literasi Geragai dibawah binaan SKK Migas-PetroChina International Jabung Ltd, Sabtu 07 September 2024 ini.

Para remaja dan juga pihak-pihak yang terlibat didalamnya menggelar Festival Literasi untuk mengangkat salah kebudayaan yang ada ditengah-tengah masyarakat Kecamatan Kuala Jambi, Kabupaten Tanjab Timur, yakni Bedak Sejuk Suku Duano.

Dimana, dalam kegiatan kali ini, komunitas Cafe Literasi Geragai dan Forum Pegiat Literasi Provinsi Jambi menggelar Bincang Budaya dengan tema "Yang Muda Yang Berbudaya".

BACA JUGA:SKK Migas - PetroChina International Jabung Ltd Bersama Kaula Muda Geragai Bincang Budaya di Festival Literasi

BACA JUGA:Kehadiran Cabup Jumiwan Aguza di Sungai Mancur Disambut Meriah Warga dan Grup Rebana

Kegiatan ini sendiri turut dihadiri oleh Eko Mulyono, Comdev Supervisor Act PetroChina International Jabung Ltd, Fajrin Nurpasca, Forum Pegiat Literasi Jambi, Yoga Surya Ramadhan, Duta Bahasa Provinsi Jambi 2024 dan Aldi Fadhillah, Komunitas Bedak Sejuk Duano, serta para tamu undangan lainnya.

Fajrin Nurpasca, selaku Forum Pegiat Literasi Jambi saat diwawancarai disela-sela kegiatan tersebut mengatakan, lahirnya kegiatan yang sangat positif ini tentunya tidak terlepas dari support penuh yang diberikan oleh pihak SKK Migas-PetroChina International Jabung Ltd.

"Kegiatan Festival Literasi Geragai ini sudah dimulai di Cafe Literasi ini sejak awal bulan Agustus dan Insya Allah sampai akhir Desember tahun 2024. Nantinya ada sekitar 10 sampai 11 kegiatan literasi yang akan dilaksanakan disini," ucapnya.

Diharapkan, dengan seringnya diadakan kegiatan di Cafe Literasi Geragai ini, berbagai kalangan masyarakat sekitar, mulai dari anak-anak, remaja, orang dewasa hingga para orang tua, bisa memahami bahwasanya disekitar mereka ada wadah tempat menampung berbagai kegiatan positif yang berkaitan dengan bermacam-macam hal.

BACA JUGA:Pendaki Gunung Kerinci Alami Hipotermia di Shelter 2, Tim SAR Bergerak Lakukan Evakuasi

BACA JUGA:Cegah Kecelakaan, Renovasi Median Jalan di Kawasan Tertib Lalulintas Tanjab Timur Dilakukan

Yakni, mulai bincang dan diskusi terkait kesenian, tradisi, kebudayaan, dunia digitalisasi, bisnis, ekonomi dan lain sebaginya, yang digagas oleh kaula mudah yang memiliki kreativitas dan ilmu pengetahuan yang mumpuni, dibawah naungan SKK Migas-PetroChina International Jabung Ltd.

"Seperti pada kegiatan hari ini, kita hadirkan Duta Bahasa Provinsi Jambi dan juga komunitas bedak sejuk Suku Duano, sebagai narasumber yang nantinya akan memaparkan beberapa tradisi dan budaya yang dimiliki oleh masyarakat Suku Duano. Ini juga merupakan bentuk ilmu pengetahuan yang berharga untuk kita semua, karena bisa memahami salah satu tradisi di kabupaten ini," harapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: