Kolaborasi Menuju Zero Waste Zero Emission 2050, Pemkot Jambi Gelar Sosialisasi Kelola Sampah

Kolaborasi Menuju Zero Waste Zero Emission 2050, Pemkot Jambi Gelar Sosialisasi Kelola Sampah

Kolaborasi Menuju Zero Waste Zero Emission 2050, Pemkot Jambi Gelar Sosialisasi Kelola Sampah-Ist/jambi-independent.co.id-

Dikesempatan ini, Pj Wali Kota Jambi itu juga memaparkan secara singkat terkait persampahan di Kota Jambi berdasarkan laporan Dinas Lingkungan Hidup. Dengan angka timbulan sampah sekitar 443 ton/hari dan tertangani sebesar 74 persen atau 328 ton/hari. Serta pengurangan sampah sebesar 15 persen atau 66,18 ton/hari.

"Hal ini perlu adanya pengelolaan sampah yang tepat agar tidak menimbulkan dampak negatif bagi masyarakat maupun lingkungan. Maka dengan adanya Bank Sampah ini sangat menarik untuk masyarakat, terlebih PT. Pegadaian saat ini telah menyiapkan inovasi tabungan sampah yang bisa menjadi tabungan emas," kata Sri. 

BACA JUGA:Miliki Banyak Serat dan Vitamin, Ini 5 Khasiat Jus Tomat untuk Kesehatan

BACA JUGA:Astra Honda Tambah Wajah Indonesia di MotoGP Aragon

"Kegiatan ini adalah suatu hal yang sangat positif. Saya berharap kepada para peserta agar disimak dan dipelajari apa yg disampaikan oleh narasumber nanti," pungkas Pj Wali Kota Jambi itu.

Sementara itu, dalam laporan pelaksanaannya, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Jambi, Ardi menyebut, sosialisasi bersama PT Pegadaian ini bukan hanya baru sekali dilaksanakan, akan tetapi telah berkali-kali dilakukan khususnya terkait keberadaan Bank Sampah yang dapat menjadikan sampah bernilai ekonomi. 

"Alhamdulillah kolaborasi ini telah dilakukan dengan intens dengan harapan banyak lagi Bank Sampah yang terbentuk di kota Jambi," sebut Kadis LH. 

Terkait Bank Sampah ini, Ardi juga menjelaskan, saat ini dilingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Jambi telah ada 15 OPD yang membentuk. 

BACA JUGA:Bawaslu Rilis Peta Kerawanan Pilkada 2024, 1 Kota dan 1 Kabupaten di Jambi Masuk Pantauan

BACA JUGA:Deklarasi Akbar: Ribuan Pemuda Bersatu, Jumiwan Aguza dan Maidani Punya Rencana Besar untuk Bungo!

"Pembentukan Bank Sampah ini juga telah tertuang dalam Instruksi Wali Kota Nomor 05 Tahun 2024, setiap OPD dan Kecamatan untuk dapat membentuk Bank Sampah," jelas Ardi. 

"Dengan adanya sosialisasi ini semoga bisa dimaksimalkan oleh para peserta, sehingga bisa menularkan pemikiran dan perlakuan positif kita dalam hal pengurangan sampah di kota Jambi, terutama sampah plastik, karena dengan berkurangnya sampah harapannya dapat menambah umur TPA kita," pungkas Ardi. 

Dikesempatan yang sama, Vice President PT. Pegadaian Area Jambi dan Bengkulu, Av Dedy Nugroho mengucapkan terimakasih atas peran serta dukungan Pemerintah kota Jambi terhadap kegiatan-kegiatan sosialisasi oleh PT. Pegadaian, dalam membentuk Bank Sampah dibawah naungan Pegadaian. 

"Dengan adanya sampah bernilai ekonomi ini, PT. Pegadaian saat ini telah bertransformasi tidak hanya berfungsi sebagai tempat menggadaikan barang saja, tetapi memiliki peran menabung emas dari sampah yang dikelola dari Bank Sampah," sebutnya. 

BACA JUGA:Giliran PAN yang Beri Dukungan ke M Fadhil Arief, di Pilbup Batanghari 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: