Gandeng Aparat Penegak Hukum TNI, Polri dan BNN, Lapas Bungo Gelar Razia Gabungan serta Tes Urine Warga Binaan

Gandeng Aparat Penegak Hukum TNI, Polri dan BNN, Lapas Bungo Gelar Razia Gabungan serta Tes Urine Warga Binaan

TNI, POLRI, BNN Lapas Bungo Gelar Razia Gabungan serta Tes Urine Warga Binaan--

MUARA BUNGO, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID  - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB MUARA BUNGO bersama Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Bungo, Kepolisian, dan TNI menggelar apel siaga dan razia gabungan pada Senin, 26 Agustus 2024. 

Kegiatan ini merupakan upaya sinergis dalam mendeteksi dan mencegah potensi gangguan keamanan serta penyalahgunaan narkoba di dalam lapas.

Apel siaga dipimpin langsung oleh Kepala Lapas Kelas IIB Muara Bungo, Ismail, yang didampingi oleh pejabat struktural. Dalam sambutannya, Ismail menegaskan pentingnya sinergitas antara Lapas dengan Aparat Penegak Hukum (APH) seperti Polri, TNI, dan BNN dalam menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan Lapas.

"Kegiatan ini merupakan implementasi dari pemasyarakatan maju, yang mencakup deteksi dini, pemberantasan narkoba, dan sinergi dengan Aparat Penegak Hukum," ujar Ismail. 

BACA JUGA:Ini 7 Kandungan dan Manfaat Bengkuang untuk Kesehatan, Nomor 4 Disukai Wanita

BACA JUGA:LKA ESDA Apresiasi PetroChina Jabung Support Pembentukan Redkar Hingga Gencar Lestarikan Mangrove

Ia juga menekankan bahwa deteksi dini adalah langkah preventif yang sangat berpengaruh untuk menjaga Lapas dari gangguan keamanan dan ketertiban.

Setelah apel siaga, razia dilakukan serentak di seluruh kamar hunian. Petugas Lapas bersama APH melakukan penggeledahan guna memastikan tidak ada barang terlarang, khususnya narkoba, yang disembunyikan oleh warga binaan. Tidak hanya itu, dilakukan juga tes urin kepada warga binaan sebagai bentuk komitmen dalam pemberantasan narkoba di dalam Lapas. 

Hasil dari razia dan tes urin menunjukkan bahwa tidak ditemukan barang terlarang seperti narkoba di dalam Lapas, dan seluruh hasil tes urin warga binaan menunjukkan hasil negatif. Hal ini menandakan bahwa upaya preventif dan pengawasan yang dilakukan berjalan dengan baik.

Kalapas Ismail mengucapkan terima kasih kepada seluruh Aparat Penegak Hukum yang telah bekerja sama dalam kegiatan ini. "Ke depan, kegiatan seperti ini akan terus dilakukan sebagai bentuk deteksi dini agar tercipta Lapas yang aman dan kondusif," pungkasnya.

Dengan adanya razia gabungan ini, diharapkan Lapas Kelas IIB Muara Bungo dapat terus mempertahankan kondisi yang aman dan bebas dari penyalahgunaan narkoba, sekaligus memperkuat kerjasama dengan instansi terkait dalam menjaga keamanan di lingkungan pemasyarakatan. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: