Bangun Sinergi Kendalikan Inflasi, Pemkot Jambi dan BI Perwakilan Jambi Gelar GNPIP

Bangun Sinergi Kendalikan Inflasi, Pemkot Jambi dan BI Perwakilan Jambi Gelar GNPIP

Pemkot Jambi dan BI Perwakilan Jambi Gelar GNPIP-Ist/jambi-independent.co.id-

"Pemerintah Kota Jambi terus menjalin kerja sama. Termasuk dengan beberapa daerah penghasil seperti Kabupaten Sleman, Kabupaten Brebes. Disamping itu, kita juga terus berupaya  melaksanakan program-program pasar murah, gerakan menanam, sosialisasi belanja bijak dan banyak lagi untuk mengendalikan angka inflasi di Kota Jambi," sebutnya. 

Lebih lanjut, kepada TPID Kota Jambi, Sekda juga mengingatkan untuk terus menjaga determinasi dan jangan lengah untuk kendalikan inflasi khususnya komoditas pangan di Kota Jambi.

BACA JUGA:BI dan TPID Kota Jambi Bersinergi untuk Pengendalian Inflasi melalui GNPIP

BACA JUGA:Gildcoustic dan Lala Windy Gelar Meet and Greet, Hibur Masyarakat Jambi di Pesta Musik Istimewa

"Mari kita sukseskan Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan ini. Inflasi terjaga rakyat Kota Jambi semakin sejahtera," ucap Sekda. 

Sementara itu, Kepala Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Jambi, Warsono melalui kegiatan GNPIP itu, mengajak seluruh pihak yang hadir agar menggelorakan semangat dan berjuang bersama dalam pengendalian inflasi khususnya pangan. 

"Hal tersebut mengingat saat ini Indonesia tengah dihadapkan pada berbagai tantangan ketersediaan pasokan akibat dinamika geopolitik global dan perubahan iklim. Terutama karena inflasi pangan memiliki bobot yang cukup besar dalam komposisi pengeluaran masyarakat, sehingga pengendalian inflası akan memberikan dampak sosial ekonomi yang besar untuk kesejahteraan masyarakat," ucap Warsono. 

Bersama TPID, Warsono menekankan juga telah berkomitmen dalam menjaga terkendalinya inflasi, hal tersebut diwujudkan melalui gelaran Sinergi Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) yang telah dicanangkan pada 10 Agustus 2022 lalu.

BACA JUGA:Gunung Semeru Erupsi 11 Kali, Masyarakat Diimbau Waspada Meski Letusan Tak Terlihat

BACA JUGA:Deklarasi dan Pengukuhan TPK Madel-Nor Muhammad Dihadiri HBA

"Bank Indonesia bersama dengan Tim Pengendalian Inflasi Pusat dan Daerah (TPIP & TPID) terus berkomitmen dalam menjaga terkendalinya inflasi nasional. Hal tersebut menjadi langkah komitmen bersama untuk mengoptimalkan langkah-langkah pengendalian inflasi dari sisi suplai dan mendorong produksi guna mendukung ketahanan pangan secara integratif, masif, dan berdampak nasional," sebutnya.

Selain itu, Warsono juga menjelaskan, bahwa pengendalian inflasi tidak cukup dilakukan Bank Indonesia bersama Pemerintah Daerah semata, akan tetapi juga diperlukan peran intansi dan masyarakat. 

"Melalui sinergi bersama instansi dan masyarakat juga memiliki peran penting dalam upaya pengendalian inflasi. Terutama ketika menentukan bahan pangan yg digunakan untuk konsumsi. Diantaranya adalah pasar murah, subsidi ongkos angkut, optimalisasi kerjasama antar daerah. Saya ucapkan terimakasih kepada Pemkot Jambi yang telah berpartisipasi aktif dalam penanganan inflasi daerah ini, sehingga angka inflasi tetap terjaga hingga saat ini," tukas Warsono.

Dalam rangkaian acara GNPIP Kota Jambi kali ini, turut pula diserahkan bantuan alat mesin pertanian, bantuan bibit pertanian, beras pangan pemerintah untuk penanganan kerawanan pangan dan stunting, bantuan alat bantu penyandang disabilitas serta bantuan sembako bagi masyarakat miskin.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: