354 Warga Binaan Lapas Bungo Terima Remisi Umum HUT RI Ke-79

354 Warga Binaan Lapas Bungo Terima Remisi Umum HUT RI Ke-79

354 narapidana terima remisi HUT RI -Foto : Siti Halimah-Jambi-independent.co.id

MUARA BUNGO, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Lapas Kelas IIB Muara BUNGO menggelar acara penyerahan remisi umum bagi para narapidana dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79.

 Acara yang dilaksanakan di lapangan Lapas Bungo ini dihadiri oleh Bupati Bungo, H. Mashuri, dan Wakil Bupati Bungo, didampingi oleh unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Bungo.

Dalam acara tersebut, Bupati Bungo secara simbolis menyerahkan remisi kepada 354 narapidana yang memenuhi syarat. Penyerahan remisi ini merupakan salah satu bentuk apresiasi kepada narapidana yang telah menunjukkan perilaku baik selama masa tahanan. 

Dari total 354 narapidana yang mendapatkan remisi, 202 orang di antaranya adalah narapidana kasus pidana narkotika, 3 orang pidana korupsi, dan 149 orang pidana umum.

BACA JUGA:Viral Video Sigapnya Pasikbraka saat Bendera Merah Putih Terbelit di HUT ke-79 RI di Bungo, Tetap Tenang

BACA JUGA:Satgas TMMD Terus Bekerja Keras Mengejar Progres Pembukaan Jalan di Desa Muaro Sebapo

Kalapas Kelas IIB Muara Bungo, Ismail, dalam sambutannya menyampaikan bahwa pemberian remisi ini diharapkan dapat memberikan motivasi kepada para narapidana untuk terus berperilaku baik dan mengikuti program pembinaan yang ada di Lapas. 

"Adapun jumlah narapidana yang mendapatkan remisi di tahun 2024 ini sebanyak 354 orang. Alhamdulillah semua disetujui,"ujarnya.

Remisi 354 narapidana penerima sebanyak RU I ada 76 orang menerima remisi 1 bulan, 86 orang menerima remisi 2 bulan; 101 orang menerima remisi 3 bulan; 45 orang menerima remisi 4 bulan; dan penerima remisi 5 bulan berjumlah 38 orang; penerima remisi 6 bulan berjumlah 8 orang. 

Dan 3 orang di antaranya mendapatkan remisi langsung bebas. Mereka adalah 2 narapidana kasus pencurian dan 1 narapidana kasus narkoba tidak bisa langsung bebas karena masih menjalankan hukuman subsider 2 bulan  dan Penyerahan remisi dilakukan secara simbolis oleh Bupati Bungo di Lapangan MTQ baru setelah upacara HUT RI ke-79.

BACA JUGA:Satgas TMMD Terus Bekerja Keras Mengejar Progres Pembukaan Jalan di Desa Muaro Sebapo

BACA JUGA:Upacara HUT RI di IKN, Ini Rekomendasi Oleh-oleh Khas Kalimantan Timur Daerah Sekitar IKN

Lapas Kelas IIB Muara Bungo juga terus mengembangkan program pembinaan kemandirian bagi para narapidana. Program pembinaan ini meliputi kegiatan rohani seperti menghafal dan membaca Al-Qur'an, hafalan Hadist, serta mengikuti Tahfizh Al-Qur'an.

 Selain itu, para narapidana juga diberikan keterampilan lain yang dapat menjadi bekal setelah mereka menyelesaikan masa tahanan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: