Dikunjungi Sandiaga Uno, Hingga Raih Penghargaan, UMKM Binaan PLN UID S2JB Berhasil Tunjukkan Kualitasnya

Dikunjungi Sandiaga Uno, Hingga Raih Penghargaan, UMKM Binaan PLN UID S2JB Berhasil Tunjukkan Kualitasnya

Dikunjungi Sandiaga Uno, UMKM Binaan PLN UID S2JB Berhasil Tunjukkan Kualitasnya--

Tanjung Pinang, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID  - PLN Unit Induk Distribusi Sumatera Selatan, JAMBI, dan Bengkulu (UID S2JB) melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) bekerjasama dengan Rumah BUMN JAMBI terus berkomitmen mendukung pengembangan ekonomi kreatif untuk mendorong pertumbuhan ekonomi lokal melalui kreativitas dan inovasi para pelaku usaha. 

PLN melalui Rumah BUMN Jambi membantu pengembangan UMKM melalui program pendampingan usaha dengan memberikan pelatihan pengembangan produk untuk memperoleh BPOM, pelatihan foto produk, sampai dengan digital marketing dan pembuatan flyer produk untuk berbagai kebutuhan pameran. 

Program ini berhasil memunculkan produk UMKM yang mampu bersaing di pasar lokal maupun nasional, salah satunya UMKM Sambal Mak Kocai yang berhasil meraih penghargaan dalam Ajang Kreatif Indonesia (AKI) 2024.

AKI 2024 menjadi wadah bagi para pelaku ekonomi kreatif untuk menunjukkan karyanya dan mendapatkan apresiasi dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia. Bertempat di Megamall Batam, AKI 2024 diselenggarakan dengan berbagai kegiatan seperti kompetisi, workshop, dan juga seminar. Peserta dapat belajar dari para ahli, seperti Sandiaga Uno dan Muhammad Neil El himam, serta mengikuti diskusi tentang tren dan perkembangan industri kreatif. 

BACA JUGA:Lukman Edy Siap Hadapi Laporan PKB: Saya Tidak Takut, Ini Masalah Internal

BACA JUGA:Marak Kasus Kekerasan Seksual Terhadap Anak di Bawah Umur di Tanjab Timur, Ses Ekowati: Jangan Takut Lapor

Dalam kesempatan tersebut, Sambal Mak Kocai berhasil menarik perhatian banyak pihak, baik dari kalangan pelaku usaha maupun pejabat pemerintah. Bahkan, booth Sambal Mak Kocai dikunjungi langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno. 

“Alhamdulillah, banyak yang penasaran dengan Sambal Mak Kocai khas dari jambi. Yang berkunjung ke booth kami mencapai ratusan orang per harinya, bahkan Pak Sandiaga Uno juga mampir dan mencicipi sambalnya.” tutur Ade Ariyanti, Owner UMKM Sambal Mak Kocai.

Tak hanya dikunjungi banyak peminat, UMKM Sambal Mak Kocai berhasil meraih Juara Terbaik Kedua pameran UMKM. Sebuah prestasi yang membanggakan dimana UMKM Binaan PLN UID S2JB berhasil menunjukkan kualitas produk lokal yang mampu bersaing di kancah nasional bersaing dengan UMKM dari daerah lainnya. 

General Manager PLN UID S2JB, Adhi Herlambang, mengatakan Sambal Mak Kocai berhasil menunjukkan bagaimana kualitas produk lokal dapat bersaing di tingkat nasional melalui inovasi dan dedikasi. Ia berharap hal ini dapat menginspirasi pelaku usaha lainnya.

“Prestasi ini membuktikan bahwa ada banyak UMKM yang memiliki kualitas luar biasa dan mampu bersaing di kancah nasional. PLN pun turut berkomitmen mendorong perkembangan usaha UMKM melalui program PLN Peduli sehingga mampu menunjukkan kualitasnya. Semoga dapat menjadi inspirasi bagi UMKM lainnya” pungkas Adhi. ADV

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: