Penanganan Karhutla di Jambi, Danrem 042/Gapu: Tingkatkan Sinergitas

Penanganan Karhutla di Jambi, Danrem 042/Gapu: Tingkatkan Sinergitas

Penanganan Karhutla di Jambi-Ist/jambi-independent.co.id-

KOTA JAMBI, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Danrem 042/Gapu Brigjen TNI Rachmad selaku Pelaksana Harian Satuan Tugas  Penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Provinsi JAMBI, menyampaikan arahan penting dalam Rapat Koordinasi Penanganan Karhutla yang diadakan di Balai Prajurit Korem 042/Gapu, Kota JAMBI

Kegiatan yang berlangsung pada Kamis 1 Agustus 2024 pagi tersebut dihadiri oleh berbagai pihak terkait, termasuk Kapolda Jambi selaku Wakil Komandan Satuan Tugas Karhutla, Sekda Provinsi Jambi  dan Kepala BPBD Provinsi Jambi.

Dalam arahannya, Brigjen TNI Rachmad menekankan pentingnya sinergitas antara semua elemen dalam menangani karhutla.

"Tingkatkan sinergitas dalam penanganan karhutla di wilayah Provinsi Jambi. Proses pemadaman jangan melihat wilayah/sektor tapi di manapun, kapanpun dan milik siapapun kita padamkan," ujar Brigjen Rachmad.

BACA JUGA:Waduh, Karhutla di Taman Nasional Bukit Tiga Puluh Meluas, Pemkab Tebo Bakal Dirikan Posko Penanganan Karhutla

BACA JUGA:Satgas TMMD ke-121 Kodim 0415/Jambi bersama Masyarakat Gotong Royong Plaster Dinding Rumah Nenek Komsiah

Dia juga menekankan perlunya melengkapi peralatan pemadam kebakaran serta sarana dan prasarana yang optimal untuk membantu pengendalian  karhutla," tambahnya.

Brigjen Rachmad mengajak semua pihak termasuk pelaku usaha swasta, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota, untuk bekerja sama dalam upaya pencegahan  karhutla.

Selain itu, Danrem 042/Gapu juga menyoroti pentingnya pemberdayaan masyarakat dalam pengendalian kebakaran hutan dan lahan. 

"Membantu pemberdayaan masyarakat khususnya dalam pengendalian kebakaran hutan dan lahan," ujarnya.

BACA JUGA:Gaspoll Ga Pake Kendor, Kapolda Jambi Pastikan Tegas Tangani Pelaku Karhutla di Jambi: Tidak Pakai Rem

BACA JUGA:Tingkatkan Pendidikan Anak di TPQ Bengkulu Utara, Srikandi PLN Gelar Program Srikandi Sahabat Anak

Berdasarkan data yang disampaikan, sepanjang tahun 2024, lahan gambut yang sudah terbakar seluas 58,92% dan lahan mineral seluas 40,07%. 

Angka ini menunjukkan perlunya upaya lebih lanjut dalam pencegahan dan penanganan karhutla di Provinsi Jambi secara serius.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: