Bagaimana Air Bersih di IKN? Ini Penjelasan dari OIKN

Bagaimana Air Bersih di IKN? Ini Penjelasan dari OIKN

Presiden Jokowi saat meninjau proyek pembangunan di IKN.-ist/jambi-independent.co.id-

KALTIM, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) memastikan bahwa sarana air baku sudah siap untuk mengalirkan air bersih ke Ibu Kota Nusantara (IKN), ibu kota negara baru Indonesia yang dibangun di sebagian wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur.

"Kami telah meninjau sarana air baku, dan dipastikan bahwa pasokan air bersih untuk kebutuhan Kota Nusantara tidak menghadapi kendala," ujar Pelaksana tugas Wakil Kepala OIKN Raja Juli Antoni di Penajam, Senin 22 Juli 2024.

Penyediaan air bersih menjadi prioritas utama, terutama untuk mendukung pelaksanaan rangkaian acara kenegaraan hingga Upacara ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 2024.

"Air bersih merupakan kebutuhan dasar yang harus segera dipenuhi," tambahnya.

BACA JUGA:Kapolda Jambi Pimpin Sertijab Karo Ops, Dirintelkam, dan Dua Kapolres di Jajaran Polda Jambi

BACA JUGA:Waduh, Tujuh Pegawai Kejaksaan di Jateng Terindikasi Tersangkut Judi Online, Ini Langkah Kajati Jawa Tengah

Dari hasil peninjauan, dipastikan bahwa Intake Sungai Sepaku dengan kapasitas 3.000 liter per detik dan Bendungan Semoi Sepaku dengan kapasitas 2.500 liter per detik sebagai sumber air baku sudah siap mendukung pengaliran air bersih ke Ibu Kota Nusantara.

Tahap Pertama Pengaliran Air Bersih
Pasokan air baku untuk tahap pertama pengaliran air bersih bersumber dari Intake Sepaku, yang diproses melalui Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) yang bersebelahan dengan Intake Sepaku.

Air baku yang telah diolah oleh SPAM tersebut kemudian dialirkan melalui pipa sepanjang 16 kilometer menuju pusat pemerintahan ibu kota negara baru Indonesia.

"Selanjutnya, air bersih didistribusikan ke setiap bangunan atau gedung yang digunakan untuk acara kenegaraan pada tahap pertama," jelas Raja Juli Antoni.

BACA JUGA:ELNUSA Hibahkan Kendaraan Operasional Sebagai Media Praktik Siswa di SMKN 4 Cilegon

BACA JUGA:Warga Pakuan Baru Heboh saat H Abdul Rahman Berkunjung: Pak Haji Sini Foto Pak

Infrastruktur Pendukung
Di ibu kota negara baru Indonesia, sudah tersedia ruang pompa SPAM yang berfungsi untuk mengalirkan air dari penampungan menuju instalasi pengolahan air (IPA).

Tempat penyediaan air bersih (reservoir) untuk penampungan air yang sudah diolah dari SPAM Intake Sepaku juga telah disiapkan di kawasan inti pusat pemerintahan (KIPP) Kota Nusantara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: