Lezat dan Enak, Ini 5 Tips Membuat Rawon Gurih dan Pekat

Lezat dan Enak, Ini 5 Tips Membuat Rawon Gurih dan Pekat

Tips membuat rawon yang lezat dan enak-Foto : ilustrasi-Net

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Rawon merupakan salah satu makanan yang banyak disukai oleh masyarakat Indonesia.

Namun tidak semua orang bisa membuat rawon dengan rasa yang gurih dan enak. Sebab, rawon memiliki cita rasa yang khas dengan bumbu yang pekat dan hitam.

Agar rawon daging buatanmu memiliki kuah hitam medok yang lezat, ada beberapa tips yang bisa kamu ikuti. Berikut tips membuat rawon menjadi enak dan lezat.

1. Jangan Pelit Bumbu

Bumbu halus adalah jiwa dari rawon. Untuk membuat bumbu halus, kamu perlu bawang merah, bawang putih, lengkuas, jahe, kunyit, ketumbar, dan cabai merah. Tumis bumbu halus dengan sedikit minyak sampai harum dan matang sempurna. 

BACA JUGA:BPK Soroti Utang RSUD Raden Mattaher Makin Membengkak, Pemprov Jambi Diminta Bertindak

BACA JUGA:Hendak Ke Palembang, Seorang Ibu dari Riau Melahirkan di Pinggir Jalan Bukit Baling Muaro Jambi

Proses penumisan ini sangat penting untuk mengeluarkan aroma dan rasa bumbu yang maksimal. Setelah itu, masukkan kluwek yang sudah dihaluskan dan aduk rata.

2. Masak Rawon dengan Api Kecil

Setelah bumbu halus dan kluwek dicampur, masukkan bumbu ini ke dalam kaldu rebusan daging. Masak rawon dengan api kecil agar semua bumbu meresap sempurna ke dalam daging dan kuah. 

Memasak dengan api kecil juga membantu mempertahankan warna hitam kuah rawon. Biarkan rawon dimasak perlahan sampai kuahnya mengental dan daging benar-benar empuk.

3. Tambahkan Kondimen untuk Memperkaya Cita Rasa

Biar rawon makin lezat, jangan lupa tambahkan bahan pelengkap seperti tauge pendek, daun bawang, dan sambal terasi. Sajikan rawon dengan nasi panas, telur asin, kerupuk udang, dan irisan jeruk nipis untuk memberi rasa segar. Kamu juga bisa menambahkan bawang goreng sebagai topping untuk menambah rasa gurih.

BACA JUGA:Sambut Hari Bhayangkara ke-78, Polda Jambi Anjangsana ke Rumah Personel Polri yang Sakit Menahun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: