Melonjak Drastis, Pelamar UIN STS Jambi Jalur UM-PTKIN 4 Ribu Lebih

Melonjak Drastis, Pelamar UIN STS Jambi Jalur UM-PTKIN 4 Ribu Lebih

Pelamar UIN STS Jambi Jalur UM-PTKIN 4 Ribu Lebih -ist/jambi-independent.co.id-

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Keberadaan UIN Sulthan Thaha Saifuddin (STS) Jambi sebagai perguruan tinggi keislaman terbesar di Provinsi Jambi semakin menunjukkan tren positif. 

UIN STS Jambi tahun ini sepertinya semakin menjadi incaran para lulusan SLTA/sederajat baik dari dalam maupun luar Provinsi Jambi. 

Hal ini dibuktikan dengan jumlah peminat masuk ke UIN STS Jambi yang melonjak drastis.

Tercatat sebanyak 4118 peminat telah terdata untuk mengikuti seleksi melalui jalur Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keislaman Negeri (UM-PTKIN).

BACA JUGA:Telkomsel Hadirkan Layanan Aplikasi Fita di IndiHome TV, Dukung Pelanggan Jalani Gaya Hidup Sehat di Rumah

BACA JUGA:Terungkap, Dalang Kasus Mayat Tanpa kepala di Bungo Ternyata Kecanduan Judi Online

Lonjakan ini terlihat apabila dibandingkan dengan total peminat pada tahun lalu yakni sebanyak 3387 pendaftar dengan yang dinyatakan lulus sebanyak 1178 orang. 

Dari jumlah para peminat UIN STS Jambi tahun ini, mereka akan memperebutkan 35 persen kuota mahasiswa jalur UM-PTKIN yang syaratnya mereka terlebih dahulu mesti mengikuti seleksi mulai Senin 24 Mei - Minggu 30 Mei 2024. 

Untuk diketahui, UM-PTKIN merupakan proses seleksi berbasis Sistem Seleksi Elektronik (SSE) yang diselenggarakan secara serentak di seluruh Perguruan Tinggi yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Dari informasi yang diperoleh, peminat terbanyak tahun ini adalah untuk Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) dan Program Studi Pendidikan Agama Islam pada Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

BACA JUGA:Dipimpin Wakapolda Jambi, Polda Jambi Lakukan Prosesi Tabur Bunga di Sungai Batanghari

BACA JUGA:Sambut Hari Bhayangkara ke-78, Kapolda Jambi Pimpin Upacara Tabur Bunga di TMP Satria Bakti

Di samping itu, Program Studi Ekonomi Syariah pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Program Studi Ilmu Pemerintahan pada Fakultas Syariah, dan beberapa program studi lainnya di UIN STS Jambi. 

Menurut Kepala Bagian Akademik dan Kemahasiswaan UIN STS Jambi, Saparuddin, nantinya kelulusan mahasiswa akan disesuaikan dengan daya tampung yang tersedia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: