Tips Dapatkan Kualitas Tidur yang Baik

Tips Dapatkan Kualitas Tidur yang Baik

Ilustrasi Tidur-Foto : ilustrasi-Pixabay

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Studi menunjukkan bahwa kurang tidur atau tidur yang tidak nyenyak dapat mengakibatkan penurunan kemampuan berpikir, konsentrasi, dan produktivitas seseorang.

Lebih lanjut, jika tidak ditangani dengan baik, kurang tidur dapat meningkatkan kemungkinan terkena serangan jantung, obesitas, diabetes, bahkan kanker.

Untuk memastikan tidur yang baik dan berkualitas, berikut beberapa langkah yang bisa dicoba, seperti:

1. Tidur dan bangun di waktu yang sama 

BACA JUGA:BPIP Sesalkan Kriatianie yang Gagal Ikuti Verifikasi Paskibraka Tingkat Nasional

BACA JUGA:Rekomendasi Dompet Cowok Brand Lokal yang Worth It untuk Dibeli Beserta Harganya!

Langkah pertama adalah menetapkan jam tidur yang konsisten. Caranya adalah tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari. Dengan demikian, tubuh akan terbiasa dengan jadwal tidur yang tetap.

2. Membatasi waktu tidur siang 

Tidur di siang hari dikenal bermanfaat bagi kesehatan, tetapi berhati-hatilah agar tidak tidur terlalu lama karena bisa mengganggu tidur malam kamu. 

Karena itu, direkomendasikan untuk membatasi durasi tidur siang menjadi tidak lebih dari 20 menit.

Opsi lain, kamu dapat mengganti tidur siang dengan aktivitas lain yang menenangkan, seperti berjalan-jalan, menikmati minuman dingin, atau bersosialisasi dengan keluarga.

3. Hindari olahraga berat sebelum tidur

Berolahraga bisa membuat merasa mengantuk karena efek kelelahan, tetapi juga dapat memberikan energi baru yang membuat tubuh semakin terjaga.

Jika kamu kesulitan tidur setelah berolahraga, coba pilih aktivitas yang menenangkan seperti yoga, membaca, mandi air hangat, atau mendengarkan musik untuk membantu kamu rileks.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: