Menjadi Lokasi Pengenalan Produk Eco Enzyme SKK Migas PetroChina, SMAN 10 Geragai Sangat Berterima Kasih

Menjadi Lokasi Pengenalan Produk Eco Enzyme SKK Migas PetroChina, SMAN 10 Geragai Sangat Berterima Kasih

Menjadi Lokasi Pengenalan Produk Eco Enzyme SKK Migas PetroChina,SMAN 10 Geragai Sangat Berterima Kasih--

MUARASABAK, JAMBI-INDEPENDENT.CO.IDSKK Migas PetroChina International Jabung Ltd bersama Komunitas Eco Enzyme Provinsi Jambi dan Taman Ekologi Gerbang Lestari yang juga merupakan penggiat cairan sejuta manfaat tersebut, terus konsen dalam memaksimalkan pengenalan serta pemanfaatan produk Eco Enzyme, terutama di Kabupaten Tanjab Timur.

Berbagai kegiatan yang berkaitan dengan pengolahan Eco Enzyme ini terus di gagas oleh pihak PetroChina International Jabung Ltd bersama pihak terkait, di sejumlah wilayah di Kabupaten Tanjab Timur.

Bahkan guna lebih mengembangkan pemberian ilmu pembuatan, pengolahan dan dampak positif yang diperoleh dari program Eco Enzyme ini, PetroChina Jabung Ltd juga memfokuskannya ke dunia pendidikan, agar generasi penerus bangsa bisa ikut berperan aktif dalam kesuksesan program ini nantinya.

Kali ini, SMAN 10 Geragai, Kabupaten Tanjab Timur dipilih sebagai lokasi sosialisasi pembuatan Eco Enzyme dan produk turunannya.

Dalam kegiatan yang dilaksanakan pada hari Kamis 6 Juni 2024 ini, turut dihadiri oleh Mulyono Eko selaku Staff Comdev yang mewakili mangement PetroChina International Jabung, Junus selaku ketua  komunitas Eco Enzyme Provinsi Jambi, Parli relawan Eco Enzyme Kabupaten Tanjab Timur, guru pembimbing SMAN 10 Geragai dan diikuti oleh puluhan siswa siswi.

Diharapkan, ilmu dan materi yang telah diterima oleh para siswa dari pemateri dan juga instruktur penggerak Eco Enzyme tersebut, bisa mereka terapkan di kehidupan sehari-hari ditengah lingkungannya, serta bisa menularkan hal positif tersebut ke banyak orang.

Adrianto, guru pendamping dalam kegiatan ini yang mewakili Kepala Sekolah SMAN 10 Geragai, saat diwawancarai disela-sela pelaksanaan acara tersebut mengatakan, ini merupakan bentuk kerjasama yang baik antara PetroChina International Jabung dan komunitas Eco Enzyme Provinsi Jambi, serta penggiat produk Eco Enzyme di Kabupaten Tanjab Timur, yang tentunya sangat banyak memberikan manfaat untuk siswa-siswi di SMA tersebut.

"Ini merupakan bekal ilmu yang sangat bermanfaat untuk anak-anak didik kami. Diharapakan, dengan ilmu yang di dapat ini, mereka bisa menerapkannya dikehiduoan mereka, bahkan bisa memberikan manfaat yang sangat positif bagi mereka dan juga banyak orang dikemudian hari nantinya," ujarnya.

Pihak sekolah sendiri sebenarnya telah memberikan wawasan terkait menjaga kelestarian lingkungan melalui pengelolaan sampah yang baik.

Dengan ditambah ilmu pengetahuan dari pihak PetroChina International Jabung Ltd melalui program Eco Enzyme ini, diharapkan para pelajar bisa lebih memahaminya secara maksimal.

"Pengelolaan sampah rumah tangga dan sampah organik lainnya dengan benar, tentunya akan membawa banyak dampak positif. Itu lah yang kita harapkan bersama, bisa di gagas oleh para pelajar kita dikemudian hari nantinya. Baik itu secara individu maupun kelompok," ungkapnya.

Tidak lupa, ucapan terima kasih dari pihak sekolah juga ditujukan kepada pihak PetroChina International Jabung Ltd dan juga komunitas Eco Enzyme Provinsi Jambi, yang telah memilih SMAN 10 Geragai, sebagai lokasi sosialisasi pembuatan Eco Enzyme ini.

"Kedepannya, kami dari pihak guru juga akan membantu memaksimalkan program ini, agar para anak didik kami bisa lebih mendalami dan memfokuskan cara memproduksi Eco Enzyme ini, terutama cara pemanfaatan sampah rumah tangga dan organik lainya dengan benar," ucapnya.

Sementara itu, Vina Triani, siswi SMAN 10 Geragai yang mengikuti kegiatan sosialisasi pembuatan Eco Enzyme ini saat diwawancarai menuturkan, secara pribadi dirinya sangat menyadari akan manfaat besar dari kegiatan ini.

Sebab, diawali dari kegiatan ini, nantinya mereka bisa lebih memahami terkait tata cara pengelolaan sampah rumah tangga dan sampah organik lainnya dengan benar, yang menghasilkan produk turunan yang bermanfaat, serta juga untuk menjaga kelestarian lingkungan.

"Sebelumnya juga, saya mewakili teman-teman mengucapkan terima kasih kepada pihak PetroChina dan komunitas Eco Enzyme yang telah memberikan ilmu yang sangat bermanfaat untuk kami dalam kegiatan ini," tuturnya.

Dirinya menjelaskan, secara pribadi, Vina memiliki ketertarikan yang cukup kuat untuk lebih mendalami ilmu dibidang pengelolaan sampah atau limbah organik untuk dijadikan produk Eco Enzyme ini.

"Ini bukan yang pertama kali saya mendapat ilmu tentang Eco Enzyme. Soalnya, baru-baru ini saya juga ikut dalam kegiatan sosialisasi tentang Eco Enzyme ini di Taman Ekologi Gerbang Lestari, Desa Kota Baru, Kecamatan Geragai. Bagi saya, produk Eco Enzyme ini sangat banyak bagus, sesuai dengan temanya yaitu Cairan Sejuta Manfaat," jelasnya.

Bahkan, dirinya menyebutkan, dalam waktu dekat ini dirinya akan memulai berinovasi untuk melahirkan produk Eco Enzyme, dan akan memanfaatkan bahan baku yang ada di sekitar lingkungannya.

"Langkah awal, saya akan memanfaatkan bahan bakunya dari sampah organik yang ada disekitaran rumah. Seperti sisa batang-batang sayuran dan kulit buah. Kebetulan saya juga sudah tau cara-cara pengolahan. Mudah-mudahan ini bisa memberikan hasil yang sangat-sangat bermanfaat nantinya," pungkasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: