Di Rakernis Humas Polda Jambi, Hendry Nursal Suarakan Pesan Damai Selaku Publicity Ambassador Of HWPL

Di Rakernis Humas Polda Jambi, Hendry Nursal Suarakan Pesan Damai Selaku Publicity Ambassador Of HWPL

Hendry Noersal-ist/jambi-independent.co.id-

KOTA JAMBI, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Bidang Hubungan Masyarakat (Humas) Polda Jambi tahun 2024, tidak hanya hadirkan narasumber Internal, namun juga eksternal, pada 30 hingga 31 Mei 2024.

Rakernis yang mengangkat tema "Humas Polri Yang Presisi Siap Mendukung Percepatan Transformasi Informasi Guna Terwujudnya Kamtibmas Yang Kondusif" tersebut berlangsung di Aula Lantai III gedung Siginjai Sakti Wirabakti Polda Jambi.

Adapun narasumber yang dihadirkan yaitu Ariansyah, kepala Dinas Kominfo provinsi Jambi; Ahmad Taufiq, ketua KIP Provinsi Jambi: Wenny Ira Reveawaty, dosen UNH Fakultas Psipol, Kompol Reza, Kasubbid Cyber Polda Jambi, dan Hendry Nursal, pemimpin redaksi jambidaily.com yang juga Publicity Ambassador Of HWPL South Korea perwakilan Indonesia.

Hendry Nursal dalam materi bertajuk "Kesantunan Berbahasa Dalam Membangun Citra Polri" menguraikan keterkaitan penggunaan Bahasa dengan kejiwaan atau psikologi berbahasa.

BACA JUGA:BREAKING NEWS : Baru Ditempati, Mall Pelayanan Publik Muaro Jambi Sudah Roboh 

BACA JUGA:Timnas Panggil Malik dan Nadeo, Yance dipulangkan

"Materi ini saya sampaikan dalam perspektif jurnalis perdamaian, sebagaimana tugas yang telah saya emban sejak tahun 2022, selaku duta publishitas HWPL perwakilan Indonesia. Dari kesantunan berbahasa pula turut menciptakan suasana hubungan lebih baik, antar personal, komunitas bahkan negara," yngkap Hendry Nursal, saat memaparkan materinya, Kamis, 30 Mei 2024.

"Di sisi lain, sebagaimana disiplin ilmu yang saya miliki. Berbahasa itu sangat dekat pengaruhnya dengan kejiwaan kita, ada ilmunya yang disebut Psikolinguistik. Ilmu psikologi mengkaji perilaku atau proses berbahasa. Ilmu linguistik mengkaji struktur bahasa dari segi fonologi, morfologi, sintaksis, dan semantic," urainya.

Selain itu, Hendry juga turut memaparkan syarat judul berita yang baik, aturan penulisan judul berita dan tips pembuatan judul berita termasuk menulis keterangan postingan di media sosial.

"Judul berperanan penting, dalam penulisan berita tentunya ada hal-hal yang harus diperhatikan. Walaupun setiap berita penyajiannya bergantung pada kebijakan dari redaksi, sebab setiap media berbeda-beda. Kalau kita berbicara kehumasan perlu diperhatikan judul yang representatife dan spesifik, tapi sangat perlu menggugah rasa," tutur Hendry Nursal.

BACA JUGA:Calon Pengantin Harus Tahu! 6 Hal yang Perlu Diperhatikan Menjelang Pernikahan 

BACA JUGA:Resep Sago Alpukat: Solusi Cuaca Panas yang Seger dan Mengenyangkan

Menariknya bicara menggugah rasa, Hendry menyampaikan pentingnya menempatkan rasa dalam berita "Kita membahas tentang kesantunan berbahasa, sebenarnya ada lisan dan tulisan, tapi bagi saya dengan Gerakan isyarat tubuh, jari dan lainnya juga bagian dari kesantunan berbahasa. Maka menempatkan rasa dalam berita menjadi nilai tersendiri," bebernya.

Dia menyebut ‘Rasa’ dalam berita, menjadi bagian penting dalam perjalanan karirnya selama menggeluti profesi sebagai wartawan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: