Terapkan SMAP di Lingkungan Kerja, SKK Migas PetroChina Berikan Pelatihan dan Penguatan SMAP ISO 37001

Terapkan SMAP di Lingkungan Kerja, SKK Migas PetroChina Berikan Pelatihan dan Penguatan SMAP ISO 37001

SKK Migas PetroChina Berikan Pelatihan dan Penguatan SMAP ISO 37001--

JAMBI, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - PetroChina International Jabung LTD, melaksanakan training Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP), bertempat di BW Luxury Hotel, pada Rabu, 29 Mei 2024.

Dalam pelatihan ini, PetroChina mendatangkan dua narasumber dari Trainer Mutu Institute Recky Hendra Saputra dan Eris Nurhasanah dan diikuti oleh para peserta yang merupakan karyawan internal PetroChina.

PetroChina telah menerapkan sistem ISO 37001, di lingkungan perusahaannya, sejak tahun 2019 lalu hingga tahun 2022 dan telah dievaluasi kembali dan diperpanjang hingga 15 Desember 2025.

Hal tersebut disampaikan oleh Lasno, perwakilan dari FKAP PetroChina  Jabung ltd  dalam sambutannya, pada Rabu, 29 Mei 2024.

BACA JUGA:Sulit Menahan Emosi, Ini 5 Zodiak Paling Gampang Marah

BACA JUGA:Berhasil Menang Tipis, Olympiacos Juara EUFA Europa Conference League 2023/2024

"Sertifikasi ini merupakan wujud dan komitmen dari PetroChina terhadap tata kelola perusahaan yang baik dan sehat, serta merupakan langkah nyata untuk mencegah segala bentuk penyuapan dan korupsi lainnya," ungkapnya.

Dirinya mengatakan bahwa hal tersebut menjadikan PetroChina sebagai perusahaan yang berintegritas.

"Pelatihan ini bertujuan untuk terus memperbaiki diri dan sistem yang telah berjalan, mencapai kedewasaan sistem, membangun awareness, kesadaran dan keterlibatan personel, untuk mencegah munculnya potensi penyuapan , korupsi, gratifikasi, dan sejenisnya," jelasnya.

Dirinya turut menyampaikan bahwa sertifikasi ISO 37001, menerapkan 4 No, yaitu No Bribery (menolak penyuapan atau pemerasan), No Kick Back (menolak komisi), No Gift (menolak hadiah), dan No Luxurious (menolak penyambutan atau perjamuan berlebih).

BACA JUGA:Resmi! Hansi Flick Gantikan Xavi Latih Barcelona Musim Depan

BACA JUGA:Enam Terdakwa Kasus Suap Ketok Palu Divonis Penjara, Istri Mantan Gubernur Jambi Kena 4 Tahun Penjara

"Mari kita sama-sama menjaga dan terus meningkatkan integritas kita, berperilaku jujur, saling mengingatkan, dan tidak ragu melapor apabila menemukan indikasi terkait korupsi, melalui mekanisme pelaporan yang telah tersedia. Komitmen anti korupsi merupakan komitmen kita bersama," pungkasnya.

Dirinya berharap dengan latihan ini adalah semua peserta dapat mengingat kembali terus menerapkan anti Penyuapan seperti yang selama ini telah dijalankan.

Narasumber pelatihan Recky  Hendra Saputra berharap materi pelatihan yang diberikan dapat diterima dengan mudah oleh peserta sehingga seluruh peserta dapat mendalami dan mengevaluasi penguatan system yang sudah berjalan.

Di sisi lain, Ahmad Sobana, peserta Training Sistem ISO 37001, saat diwawancara mengutarakan pendapatnya bahwa, program pelatihan Sistem ISO 37001 sangat berguna untuk lebih memahami detail terkait korupsi dan suap.

BACA JUGA:Kejagung Benarkan Ada Penguntitan Jampidsus oleh Anggota Densus 88, Kasus Diambil Alih Jaksa Agung

BACA JUGA:Kasus Pembunuhan di Depan Hotel Makmur Kota Jambi, Ini Identitas Korban dan Pelaku

"Sehingga kami lebih nyaman bekerja di lapangan, dan tertu karena PetroChina memiliki sistem ISO sendiri, dan kami mengetahui apa yang harus kami lakukan untuk kemudian dapat kami aplikasikan di lapangan," tuturnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: