Gelar Halal Bihalal, RS Siloam Edukasi Penyakit Wasir, Ini Cara Mengatasinya

Gelar Halal Bihalal, RS Siloam Edukasi Penyakit Wasir, Ini Cara Mengatasinya

dr Benny saat memberi edukasi mengenai penyakit wasir-Foto : Desi-Jambi-independent.co.id

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Penyakit wasir merupakan salah satu jenis penyakit yang banyak diderita oleh masyarakat.

Bahkan, tidak sedikit orang yang meremehkan penyakit ini karena dianggap tidak terlalu berbahaya. Namun, penyakit wasir perlu diwaspadai dan ditangani dengan tepat agar tidak semakin berbahaya.

Penjelasan mengenai penyebab dan cara mengatasi penyakit wasir ini dijelaskan oleh dr Benny Hartono, Sp.B, dokter ahli bedah di Siloam Hospitals Jambi pada kegiatan Halal bihalal yang digelar Selasa, 30 April 2024.

Dijelaskan oleh dr Benny bahwa penyakit wasir atau ambeyen dalam dunia kesehatan dikenal dengan istilah Hemoroid.

BACA JUGA:Tomi Nekat Maling Kotak Amal Masjid di Kota Jambi, Uangnya untuk Foya-foya

BACA JUGA:Proliga 2024 Siap Digelar di Semarang, Banyak Promo Beli Tiket di Aplikasi PLN Mobile

Penyakit Hemeroid ini adalah masalah kesehatan yang terjadi ketika membengkaknya pembuluh darah vena di rektum (bagian ujung usus besar) atau anus. Hal ini bisa dialami oleh siapa saja khususnya kalangan dewasa. 

Banyak penderita wasir tidak mau memeriksakan keadaannya karena banyak faktor dan cukup mengkonsumsi obat obatan yang di jual bebes. 

"Walaupun tidak mematikan tetapi wasir membawa banyak efek bagi penderitanya, yaitu nyeri, gatal hingga pendarahan,"ujarnya. 

dr. Benny Hartono, menjelaskan bahwa faktor utama penyebab penyakit ini adalah gaya hidup.  Dimana seseorang yang tidak bisa menjaga pola makan khususnya mengkonsumsi serat dan cairan yang cukup akan memicu munculnya wasir. 

BACA JUGA:Teller Bank BRI Jadi Tersangka Baru Korupsi Dana Kas Bank plat Merah Kayu Aro Kerinci

BACA JUGA:Waduh! Kasus Pelajar Sodomi Tetangga Terjadi di Kota Jambi, Korban Masih Usia 7 Tahun

"Selain pola makan, menghindari duduk terlalu lama dan menjaga aktifitas fisik lainnya dalam menjaga gaya hidup sehat juga menjadi faktor utama dalam mencegah wasir," katanya.

Dalam pemaparannya, dr. Benny menjelaskan ada 4 kategori atau kelas penyakit wasir, mulai dari yang ringan hingga berat. Semuanya memiliki penanganan yang berbeda. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: