Pendaftar Membludak, HUMAS UNJA Lakukan Seleksi Wawancara Magang MBKM Jurnalistik

Pendaftar Membludak, HUMAS UNJA Lakukan Seleksi Wawancara Magang MBKM Jurnalistik

Pendaftar Membludak, HUMAS UNJA Lakukan Seleksi Wawancara Magang MBKM Jurnalistik-Ist/jambi-independent.co.id-

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Pusat Dokumentasi dan Informasi Publik (HUMAS) Universitas Jambi (UNJA) melaksanakan seleksi wawancara calon mahasiswa Magang MBKM Unggulan Jurnalistik. Seleksi tersebut berlangsung pada 29-30 Januari 2024 di Ruang Petuah Gedung Rektorat UNJA Mendalo.

Berbeda dari tahun sebelumnya, semester genap tahun 2024 ini sebanyak 41 mahasiswa mendaftar untuk mengikuti Magang MBKM Unggulan Jurnalistik. Dikarenakan membludaknya minat mahasiswa dalam mengikuti magang tersebut, maka dilaksanakan seleksi wawancara. Sebagai perbandingan, pada semester lalu HUMAS UNJA menerima 19 mahasiswa magang tanpa seleksi dan wawancara.

Seluruh pendaftar tersebut dibagi menjadi 4 kelompok dengan tempat, waktu, dan pewawancara yang berbeda. 15 orang di antaranya diseleksi langsung oleh Korpus HUMAs, Mochammad Farisi, S.H., LL.M. beserta Mentor Mahasiswa MBKM Jurnalistik, Dimas Anugrah Adiyadmo, M.Pd.

“Bagi mahasiswa yang belum lolos Magang MBKM Jurnalistik di HUMAS, nanti akan kami tempatkan di beberapa media luar lainnya dan juga ada beberapa yang menjalani kuliah tatap muka di kelas,” ujar Hilman Yusra, S.Pd., M.Pd. selaku koordinator MBKM PBSI UNJA.

Pada kesempatan yang sama, Dimas Anugrah Adiyadmo, M.Pd. selaku pewawancara calon mahasiswa Magang MBKM Unggulan Jurnalistik menjelaskan teknis seleksi yang dilaksanakan.

“Kegiatan seleksi ini merupakan tahapan kedua yang wajib dilalui oleh 41 mahasiswa yang sudah lulus dalam seleksi administrasi sebelumnya pada tanggal 12-20 Januari 2024. Pelaksanaan seleksi wawancara mengarah pada 4 aspek penilaian yaitu jurnalistik, editing video/foto, desain grafis, penampilan, dan presenter. Kami akan mendengarkan pengalaman mereka di bidang jurnalistik dan ingin melihat produk jurnalistik yang pernah mereka hasilkan,” tutur Dimas.

Program Magang MBKM Unggulan Jurnalistik ini merupakan langkah strategis dalam memberikan pengalaman praktis kepada mahasiswa yang tertarik dengan dunia jurnalistik. Terkhusus di HUMAS, mahasiswa yang terpilih nantinya akan ditempatkan di berbagai kegiatan peliputan acara-acara kampus, pelatihan, dan lain sebagainya.

Mochammad Farisi, S.H., LL.M. selaku Korpus HUMAS UNJA menyampaikan harapannya terkait pelaksanaan MBKM Unggulan Jurnalistik.

“Dengan adanya kegiatan MBKM Unggulan Jurnalistik ini mahasiswa diharapkan dapat menambah ilmu serta pengalaman yang lebih mendalam mengenai dunia jurnalistik dan HUMAS UNJA juga berharap dapat melahirkan mahasiswa yang berbakat untuk terjun ke dunia jurnalistik secara langsung,” ujar Farisi.

Irah Suwara, salah satu mahasiswa yang mengikuti seleksi bercerita terhadap tahapan seleksi yang ia dan teman-temannya lalui.

“Wawancara barusan tidak begitu menegangkan dan mahasiswa diberikan kesempatan untuk menunjukkan skill atau kemampuan, serta minat dan bakat mereka di bidang jurnalistik. Saya sebagai salah satu peserta seleksi berharap mendapatkan hasil yang maksimal,” katanya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: