Lolos IISMA, Shirley Mahasiswi FKIP UNJA Akan Kuliah di Taiwan University of Science and Technology

Lolos IISMA, Shirley Mahasiswi FKIP UNJA Akan Kuliah di Taiwan University of Science and Technology

Lolos IISMA, Shirley Mahasiswi FKIP UNJA Akan Kuliah di Taiwan University of Science and Technology-Ist/jambi-independent.co.id-Unja.ac.id

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Shirley Nata Sasita, mahasiswi dari Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Jambi (UNJA) berhasil lolos pada program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA). Program ini akan membawanya ke National Taiwan University of Science and Technology selama satu semester.

IISMA sendiri merupakan program beasiswa yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa Indonesia untuk mengikuti mobilitas internasional ke perguruan tinggi terbaik di dunia. IISMA juga bagian dari Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Tujuan dari program IISMA adalah untuk memberikan peluang kepada mahasiswa untuk mengeksplorasi berbagai hal yang dapat meningkatkan pengembangan diri serta merasakan lingkungan dan pengalaman belajar di universitas-universitas terkemuka di luar negeri selama satu semester penuh.

Shirley menceritakan proses pendaftaran yang ia lalui dengan ribuan mahasiswa lainnya dari seluruh Indonesia dan motivasi kenapa memilih IISMA di Taiwan.

“Saat mendaftar prosesnya cukup melelahkan karena banyak dokumen yang diurus, bagian terberat adalah saat harus mempersiapkan tes kecakapan bahasa Inggris, syukurnya semua dapat dilewati. Untuk persaingan tentunya sangat ketat karena harus bersaing dengan ribuan mahasiswa lain di seluruh Indonesia,” ungkapnya.

“Motivasi saya mengikuti Program IISMA ini untuk memperluas wawasan global dan networking,  IISMA menjadi wadah yang tepat untuk mahasiswi Pendidikan Bahasa Inggris seperti saya. Selain peluang yang besar, opsi universitas maupun courses yang dapat dipilih juga banyak,” lanjut Shirley.

“Saya memilih universitas tersebut karena kelas yang ditawarkan cukup sesuai dengan jurusanku sebagai mahasiswa pendidikan bahasa Inggris. Kelas yang saya ambil kebanyakan berhubungan dengan bahasa Inggris dan Budaya. Taiwan juga kaya akan budaya, saya yakin akan ada banyak hal yang dipelajari di sana,” jelasnya.

Selain itu, Shirley juga menjelaskan bahwa ia harus mempersiapkan dokumen-dokumen penting  sebelum berangkat ke Taiwan. Shirley berharap ilmu yang ia peroleh dari program IISMA dapat berguna sehingga bisa di implementasikan dan bermanfaat bagi orang lain maupun dirinya sendiri sebagai seorang pelajar, serta dapat membentuk hubungan yang baik dengan semua orang yang telah ia temui saat mengikuti program IISMA.

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni FKIP, Prof. Dr. Supian, S.Ag, M.Ag., turut menyampaikan rasa bangga dan harapannya agar keberhasilan Shirley bisa memotivasi mahasiswa lain ke depannya.

“Alhamdulillah, tahun ini satu orang mahasiswa FKIP, Shirley Nata Sasita dari Prodi Pendidikan Bahasa Inggris yang berhasil lolos program IISMA d Taiwan, tentu ini merupakan kebanggaan kita di FKIP dan kebanggaan kita bersama di UNJA, semoga keberhasilan ini bisa memotivasi mahasiswa kita yang lain,” ujar Prof. Supian.

“Selamat kami ucapkan kepada ananda Shirley, semoga keberhasilan ini menjadi jalan bagi kesuksesan di masa depan, tetap semangat dan kerja keras,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: