Objek Wisata Rawa Bento, Tempat yang Wajib Dikunjungi Saat Berlibur di Kerinci

Objek Wisata Rawa Bento, Tempat yang Wajib Dikunjungi Saat Berlibur di Kerinci

Objek Wisata Rawa Bento-Ist/jambi-independent.co.id-

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Rawa bento merupakan tempat wisata yang berada di Desa Jernih Jaya, Kec. Gn. Tujuh, Kabupaten Kerinci

Rawa bento merupakan tempat wisata yang menyuguhkan pemandangan alam, disini tidak hanya berisi flora saja tetapi juga banyak fauna. 

Di sepanjang sungai rawa bento terdapat berbagai ikan salah satunya yaitu,  ikan semah (Tor douronensis), ikan pareh (Tor tambroides), ikan saluang (Rasbora lateristriata), dan belut (Monopterus albus). 

Banyaknya ikan Yang Berada di sungai rawa bento ini juga menjadi mata pencaharian utama bagi warga sekitar.

BACA JUGA:Soal Dugaan Pelecehan Siswi Madrasah Aliyah oleh Kepsek di Tanjab Barat, Ini Tanggapan Polisi

BACA JUGA:Hadiri Resepsi Pernikahan Anak Gubernur Jambi, HAR dan Istri Diserbu Warga untuk Foto Bersama

Flora yang ada di rawa bento cukup beragam juga diantaranya yaitu bento (Leersia hexandra: Poaceae), pohon-pohon Eugenia spicata, palaquium sp., Syzigium sp., Elaeocarpus sp., Ficus sp., serta tumbuhan invasive yaitu enceng gondok (Eichornia crassipes) dan kayu apu (Pistia stratiotes). 

Dengan banyaknya flora fauna ini rawa bento sering digunakan untuk penelitian para mahasiswa terutama mahasiswa teknik lingkungan.

Daya tarik fauna di rawa bento tidak hanya dari ikan saja tetapi dari berbagai macam jenis burung. Tempat ini merupakan salah satu tempat yang disukai oleh pengamat burung. 

Di sini TNKS bekerja sama dengan birdwatching club, menemukan bahwa di area rawa ini menjadi rumah bagi berbagai jenis burung air migran seperti Trinil pantai, trinil semak, dan berkik Jawa. 

BACA JUGA:Harga iPhone 11 Naik Lagi Pasca Lebaran, Cek Disini Spesifikasinya

BACA JUGA:Daftar HP dengan Harga Rp 1 Jutaan, Ada Infinix hingga Xiaomi

Selain burung air migran ada 38 jenis burung lainya yang tinggal di area hutan rawa kerdil ini, yaitu 10 jenis burung air penghuni tetap rawa.

Rawa bento memiliki luas lebih dari 1000 hektar, dan berada di ketinggian 1333 meter diatas permukaan laut. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: