Tips Membangun Rasa Percaya Diri Anak Sejak Dini, Berdampak Baik di Masa Depan

Tips Membangun Rasa Percaya Diri Anak Sejak Dini, Berdampak Baik di Masa Depan

tips cara bangun rasa Percaya diri-Foto : ilustrasi-Net

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Menumbuhkan rasa percaya diri anak sejak usia dini, akan cukup membantu anak menghadapi tantangan hidup. Ini juga akan berdampak baik di masa depan mereka. 

Berikut tips membangun rasa percaya diri anak sejak dini :

1. Beri Dukungan

Memberikan dukungan yang positif dan pujian yang otentik kepada anak atas segala pencapaiannya, akan membangunkan rasa percaya dirinya Fokus pada upaya dan usaha anak daripada hasil akhirnya . ini akan membuat anak merasa dihargai dan diperhatikan.

2. Stop Membandingkan Anak

Membanding-bandingkan anak dengan anak lain bisa merusak rasa percaya dirinya. Setiap anak itu memiliki keunikan dan kelebihan masing-masing. Fokus pada apa yang menjadi potensi anak. 

Stop membandingkannya dengan anak lain karena hal ini justru menurunkan rasa percaya dirinya. Biarkan anak jadi dirinya sendiri dan bahagia dengan apa yang ia punya.

3. Bersikap Lemah Lembut

Bersikap lemah lembut dan memahami anak, akan membantu mereka merasa nyaman. Ini juga membantu mereka untuk jadi diri sendiri dengan lebih baik. Dorongan dan bimbingan yang lembut, cenderung lebih efektif dalam membangun kepercayaan dirinya.

BACA JUGA:Ini Amalan Doa Nabi Yunus di Saat Kesulitan, Insya Allah Dimudahkan

4. Latih Anak Mandiri

Memberikan kesempatan kepada anak untuk melakukan hal-hal dengan mandiri bisa meningkatkan rasa percaya diri mereka. Cobalah untuk melatih kemandiriannya sejak usianya sedini mungkin.

 Hal ini akan membantu mereka merasa mampu dan kompeten, dalam menyelesaikan tugas-tugas sederhana pun memecahkan berbagai masalah yang ada.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: