Manfaatkan Sungai-Sungai Besar, TNI AD - Kementan Bersinergi Wujudkan Hanpangan

Manfaatkan Sungai-Sungai Besar, TNI AD - Kementan Bersinergi Wujudkan Hanpangan

Jenderal TNI Maruli Simanjuntak.-ist/jambi-independent.co.id-

JAKARTA, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID – Sinergi mewujudkan Ketahanan Pangan kembali ditunjukkan oleh TNI AD dan Kementerian Pertanian (Kementan) RI.

Ini lewat kerja sama optimalisasi pemanfaatan sumber daya alam berupa sungai-sungai besar melalui sistem pompanisasi untuk memperluas areal tanam padi di tanah air.

Hal tersebut terungkap kala Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Maruli Simanjutak, menghadiri Rakor dan Penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) dan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara TNI AD dan Kementan RI, di Kantor Kementan RI, Jakarta, Jumat 8 Maret 2024.

Lewat MoU dan PKS ini, kedua belah pihak sepakat untuk melakukan berbagai langkah konkret guna mencapai tujuan bersama dalam sektor pertanian.

BACA JUGA:Program Spesial Ramadan Penuh Berkah di tvOne, Ada Info Mudik

BACA JUGA:Solusi Mengatasi Mata Lelah Akibat Menatap Layar Komputer

Khususnya dalam hal perluasan lahan tanam padi dan peningkatan sistem irigasi pompanisasi, melalui Dinas Pertanian Provinsi dan Kabupaten bersama dengan Satuan Komando Kewilayahan (Satkowil) di seluruh Indonesia.

Dalam kesempatan tersebut, Kasad menyampaikan ucapan terima kasihnya atas kepercayaan yang diberikan Kementan kepada TNI AD dalam program yang bertujuan menyejahterakan masyarakat ini.

Dia juga mengucapkan terima kasih mendapatkan kepercayaan tersebut.

"Jadi, kemarin-kemarin sudah banyak yang meminta kami (untuk menangani pertanian dan irigasi), tapi karena anggaran terbatas, masih menunggu giliran. Karena telah tersosialisasi di bawah (Satkowil), mudah-mudahan kita bisa menambah percepatan pengairan, khususnya untuk pertanian," terangnya.

BACA JUGA:Tips Sukses Buka Bisnis Ayam Petelur bagi Pemula

BACA JUGA:Cara Agar Anak Tidak Tergantung dengan Hp

Kasad juga menyarankan agar fokus pengairan tidak hanya dilakukan pada persawahan, namun juga di sektor perkebunan.

Sehingga, akan ada lebih banyak lahan yang dapat dikerjakan oleh masyarakat, seperti program perkebunan yang dikelola TNI AD bersama masyarakat di wilayah Ciemas, Sukabumi, Jawa Barat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: