Idul Fitri 2024, Kementerian Perhubungan Siapkan Program Mudik Gratis untuk Masyarakat

Idul Fitri 2024, Kementerian Perhubungan Siapkan Program Mudik Gratis untuk Masyarakat

Idul Fitri 2024, Kemenhub telah menyiapkan program mudik gratis untuk masyarakat.-ist/jambi-independent.co.id-freepik.com

JAKARTA, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) kembali mempersiapkan program Angkutan Mudik Gratis dalam rangka menyambut Idul Fitri 2024.

Langkah ini diambil untuk mengantisipasi lonjakan pemudik yang ingin menggunakan kendaraan pribadi, terutama sepeda motor, selama periode mudik.

Juru Bicara Kemenhub, Adita Irawati, menyampaikan bahwa pihaknya mengundang masyarakat untuk bergabung dalam program mudik gratis yang diselenggarakan oleh kementerian.

Program ini tidak hanya menyediakan angkutan bagi penumpang, tetapi juga menyediakan pengangkutan gratis bagi sepeda motor, sehingga pemudik dapat bermobilitas dengan lebih nyaman di tempat tujuan.

BACA JUGA:Buntut Penggelembungan Suara, KPU dan Bawaslu Tebo Bakal Tindak Tegas PPK Kecamatan Tengah Ilir dan Sumay

BACA JUGA:Jelang Puasa Ramadan, Edi Purwanto Minta Pastikan Stok dan Kawal Pendistribusian Bahan Pokok

"Kami mengajak masyarakat bergabung dalam program mudik gratis yang diselenggarakan Kementerian Perhubungan. Selain penumpang, sepeda motornya juga akan kami angkut secara gratis, sehingga bisa digunakan untuk bermobilitas di tempat tujuan," ujar Adita.

Adita juga mengingatkan masyarakat untuk tidak melakukan perjalanan jauh menggunakan sepeda motor karena tingkat kecelakaannya yang tinggi.

Ia menyarankan agar masyarakat memanfaatkan transportasi umum atau program mudik gratis yang diselenggarakan.

Program Mudik Gratis tersedia melalui jalur darat, laut, dan kereta api, yang diselenggarakan di beberapa titik simpul transportasi.

BACA JUGA:Pj Wali Kota Jambi Sri Purwaningsih Serahkan Armada Pengangkut Sampah untuk 2 Kecamatan

BACA JUGA:Influencer Jambi Sunmoride Bersama New Honda Stylo 160

Untuk jalur darat, Ditjen Perhubungan Darat menggelar program “Mudik Gratis Sepeda Motor dengan Bus dan Truk”. Pendaftaran program tersebut dapat dilakukan melalui aplikasi Mitra Darat mulai tanggal 5 Maret hingga 3 April 2024.

Sementara untuk jalur laut, Ditjen Perhubungan Laut menyelenggarakan program “Mudik Gratis Sepeda Motor dengan Kapal Laut”, dengan kuota untuk 9.800 penumpang dan 4.800 unit sepeda motor, yang dijadwalkan pada 3-17 April 2024. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: