Cara Sederhana Merawat Sendiri Mobil di Rumah

Cara Sederhana Merawat Sendiri Mobil di Rumah

Tips sederhana merawat mobil di rumah -Foto : ilustrasi-Net

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID-Setiap kendaraan harus melakukan perawatan secara rutin agar mobil bisa beroperasi lebih aman, berumur panjang, serta tidak kalah penting adalah menghemat biaya untuk perbaikan.

Tidak jarang pemilik mobil dan truk kurang memperhatikan kondisi kendaraannya hingga muncul masalah.

Jadi,sebelum timbul masalah, sebaiknya Anda melakukan perawatan sederhana di rumah. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan :

1. Periksa Baterai.

Mobil  Anda tidak bisa kemana-mana jika baterainya rusak, maka luangkan waktu untuk pemeriksaan visual cepat dan sesekali pembersihan komponen vital ini.

Setidaknya setahun sekali, periksa terminal baterai Anda apakah ada tanda-tanda asam baterai putih kering. Jika ada, lepaskan kabel dari baterai Anda.

Anda bisa memakai sikat kawat dan cairan penghilang korosi untuk membersihkan bahan korosif dari terminal baterai. Campuran soda kue dan air juga bisa digunakan.

BACA JUGA:12 Tips Untuk Kalian yang Mau Traveling Sendirian, Siapkan Point-point Ini Ya

Bilas titik yang dibersihkan dengan air, keringkan dengan lap, dan sambungkan kembali kabel baterai.

2. Cek Pelumas Mesin

Melakukan pengecekan pelumas mesin adalah hal yang sangat penting. Apalagi, jika Anda menggunakan tunggangan secara intens.

3. Periksalah level pelumas Anda.

Pertama, dari oli mesin. Agar dapat menjalankan tunggangan hingga mencapai suhu operasi normal, matikan, lalu tunggu 5 hingga 10 menit sebelum memeriksa dipstick oli Anda. Anda bisa memeriksa dipstick oli saat tunggangan dalam keadaan dingin.

Kemudian, pelumas rem Anda dapat ditemukan di tangki reservoir dengan indikator level cairan yang mudah dilihat. Periksa juga reservoir cairan power steering, yang mungkin memiliki dipstick tergantung pada model tunggangan Anda. Demikian juga dengan air pencuci kaca depan Anda. Selalu periksa untuk mengetahui ketersediaannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: