9 Tips Mengatasi Gusi Bengkak Paling Ampuh

9 Tips Mengatasi Gusi Bengkak Paling Ampuh

Tips Mengatasi Gusi Bengkak Paling Ampuh-Freepik/jambi-independent.co.id-

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Gusi bengkak bisa menjadi masalah yang tidak hanya tidak nyaman tetapi juga dapat menandakan adanya masalah kesehatan gigi dan mulut yang lebih serius.

Berikut adalah beberapa tips sederhana yang dapat membantu mengatasi gusi bengkak dan meningkatkan kesehatan gigi Anda:

 1. Menjaga Kebersihan Gigi dan Mulut

Membersihkan gigi secara teratur adalah kunci utama untuk mencegah dan mengatasi gusi bengkak. Sikat gigi dua kali sehari, gunakan benang gigi setiap hari, dan bilas mulut dengan air antiseptik untuk membunuh bakteri.

 2. Kompres Dingin

Penerapan kompres dingin pada area gusi yang bengkak dapat membantu mengurangi pembengkakan dan rasa sakit. Gunakan kantong es atau bungkus es dengan kain tipis dan tempelkan pada gusi selama 15-20 menit.

BACA JUGA:Deretan Shio yang Harus Banyak Bersabar di Februari 2024

BACA JUGA:Mundur dari Menko Polhukam, Pengamat Sebut Mahfud MD Gagal Bangun Citra Politik

 3. Berkumur dengan Air Garam

Berkumur dengan air garam hangat dapat membantu mengurangi peradangan dan mempercepat penyembuhan gusi. Campur setengah sendok teh garam dalam segelas air hangat dan berkumur beberapa kali sehari.

 4. Gunakan Obat Kumur Antiseptik

Obat kumur antiseptik dapat membantu membunuh bakteri penyebab peradangan dan memberikan rasa lega pada gusi. Pastikan untuk memilih obat kumur yang tidak mengandung alkohol untuk menghindari iritasi tambahan.

 5. Konsumsi Makanan Lembut dan Hangat

Sementara gusi masih bengkak, hindari makanan yang keras atau tajam. Pilih makanan yang lembut dan hangat seperti sup, bubur, atau smoothie untuk mengurangi tekanan pada gusi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: