7 Cara Ampuh Mencegah Penyakit TBC, Hati-hati Dampaknya Bisa Mematikan

7 Cara Ampuh Mencegah Penyakit TBC, Hati-hati Dampaknya Bisa Mematikan

Penyakit TBC--

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Tuberkulosis (TBC) adalah penyakit infeksi yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis.

Meskipun pencegahan total mungkin sulit, langkah-langkah berikut dapat membantu mengurangi risiko penularan dan pengembangan penyakit TBC:

Vaksinasi BCG: Vaksin Bacillus Calmette-Guérin (BCG) dapat memberikan perlindungan terhadap beberapa bentuk tuberkulosis, terutama pada anak-anak. Meskipun tidak memberikan perlindungan penuh, vaksin BCG dapat membantu mencegah bentuk berat penyakit.

Identifikasi dan Pengobatan Dini: Pengobatan dini bagi individu yang terinfeksi dapat mencegah pengembangan penyakit aktif dan penularan ke orang lain.

BACA JUGA:Harga HP Oppo A58 Periode Januari 2024, Cek Spesifikasinya Disini

BACA JUGA:Daftar Harga iPhone 11, iPhone 12, iPhone 13, iPhone 14, iPhone 15 Terbaru 2024, Lagi Turun Harga

Jika seseorang memiliki kontak dengan penderita TBC atau menunjukkan gejala seperti batuk yang berlangsung lebih dari dua minggu, demam, penurunan berat badan, dan kelelahan, segera konsultasikan dengan profesional kesehatan.

Praktik Kebersihan Yang Baik:

Cara batuk dan bersin: Tutup mulut dan hidung dengan tisu atau siku bagian dalam lengan bila batuk atau bersin.

Hindari menyentuh wajah: Jangan menyentuh mata, hidung, atau mulut tanpa mencuci tangan terlebih dahulu, karena bakteri dapat masuk melalui saluran pernapasan.

Cuci tangan: Cuci tangan secara teratur dengan sabun dan air, terutama setelah bersin atau batuk, serta setelah berkontak dengan penderita TBC.

Hindari Kontak Dekat dengan Penderita TBC Aktif: Jika seseorang diketahui menderita TBC aktif, hindarilah kontak dekat dengannya, terutama selama periode penularan yang tinggi.

BACA JUGA:Miliki Banyak Kelebihan, ini Spesifikasi dan Harga Hp Oppo Reno6 Pro 5G

BACA JUGA:Update Harga HP Samsung Galaxy Bulan ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: