Transformasi Jambi: Refleksi 2023 dan Prospek 2024

Transformasi Jambi: Refleksi 2023 dan Prospek 2024

Kepala BPS Muaro Jambi, Muji Lestari-ist/jambi-independent.co.id-

Perekonomian Jambi pada tahun 2024 diperkirakan akan tetap tumbuh yang diikuti dengan perluasan kesempatan kerja, pengurangan kemiskinan dan peningkatan kualitas sumber daya manusia. Dengan catatan, pemerintah daerah perlu menyiapkan strategi dan kebijakan yang mendukung transformasi dan akselerasi pembangunan ekonomi Jambi.

Agenda Transformasi

Rancangan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) 2025-2045 yang disusun Bappenas menjadi acuan dalam penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2025-2029, rancangan Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJPD) 2025-2045 dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2025-2029.  Agenda utama dalam RPJPN 2025-2045 adalah transformasi sosial, ekonomi, tata kelola, sosioekologi, serta pembangunan wilayah dan sarana prasarana untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045 sebagai Negara Nusantara Berdaulat, Maju dan Berkelanjutan. 

Sasaran yang akan dicapai pada tahun 2045 adalah meningkatnya pendapatan perkapita setara dengan negara maju, berkurangnya angka kemiskinan menuju nol persen dan berkurangnya ketimpangan, menguatnya kepemimpinan dan pengaruh di dunia internasional, meningkatnya daya saing sumberdaya manusia, serta berkurangnya intensitas emisi gas rumah kaca menuju net zero emission.

BACA JUGA:Update Harga iPhone Januari 2024, Lagi Turun Harga Sampai Rp 1 Jutaan

BACA JUGA:Satu Suara untuk Putra Singkut, Ribuan Relawan se-Kecamatan Singkut-Pelawan Dukung Edi Purwanto ke DPR RI

Transformasi ekonomi 2045 dilakukan melalui pengembangan dan pemanfatan ilmu pengetahuan dan teknologi, inovasi dan produktivitas ekonomi; penerapan ekonomi hijau (green economy), percepatan dan perluasan transformasi digital, penguatan integrasi ekonomi domestik dan global; serta pengembangan kawasan perkotaan sebagai pusat pertumbuhan ekonomi.

Dalam menyongsong masa depan Provinsi Jambi, Pemerintah Daerah perlu segera menyiapkan skenario, strategi dan arah kebijakan, serta tahapan pembangunan 2025-2045 dan 2025-2029 dengan melibatkan berbagai pihak termasuk perguruan tinggi, pelaku usaha dan tokoh masyarakat. Masukan yang dihimpun dari forum konsultasi publik dan berbagai forum lainnya akan menjadi dasar penyusunan RPJPD 2025-2045 dan RPJMD 2025-2029 yang lebih adaptif dan transformatif.

What Next

Momentum pemulihan ekonomi Jambi tahun 2024 harus dimanfaatkan oleh seluruh pelaku ekonomi dengan sebaik-baiknya. Langkah yang perlu dilakukan adalah mengembangkan dan menguatkan rantai nilai (value chain) mulai dari produksi di desa dan kecamatan sampai pada pengolahan, pengangkutan, logistik dan perdagangan sebagai satu kesatuan yang tidak terpisahkan. Salah satu syarat dari penguatan rantai nilai adalah peningkatan produktivitas petani, nelayan dan pekebun; penguatan usaha mikro, kecil, menengah dan koperasi; serta pengembangan kerjasama yang solid antardinas di provinsi, antara dinas provinsi dan dinas kabupatten/kota, dan antara dinas dengan kecamatan dan pemerintah desa. Kerjasama dan koordinasi ini sangat penting untuk meningkatkan kualitas belanja daerah bagi pengembangan ekonomi daerah.

Kita semua harus tetap semangat dan optimis dalam setiap langkah, dan bersikap adaptif dalam memanfaatkan peluang usaha tahun 2024. Selamat Tahun Baru dan Selamat Ulang Tahun buat Provinsi Jambi. Tahun 2024 menjadi tahun pemantapan dan tahun penuh harapan bagi percepatan Pembangunan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan rakyat Jambi.

“The new year stands before us, like a chapter in a book, waiting to be written.”(Melody Beattie)

Muji Lestari, SE, MA

Kepala BPS Muaro Jambi

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: