Menurunkan Kecerdasan, Ini 5 Dampak Buruk Perkembangan Bagi Anak yang Sering Dibentak

Menurunkan Kecerdasan, Ini 5 Dampak Buruk Perkembangan Bagi Anak yang Sering Dibentak

Pengaruh buruk sering membentak anak -Foto : ilustrasi-Net

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Ini 5 dampak buruk perkembangan bagi anak yang sering dibentak. Salah satunya adalah bisa berpengaruh terhadap kecerdasan anak yang semakin menurun.

Tidak sedikit orang yang tua yang kerap membentak anak saat lagi marah. Apalagi ketika anak tidak mau menerima nasehat,ajakan, perintah dan kemauan orang tua. Anak sering mendapatkan bentakan tidak hanya dari orang tua namun juga dari orang sekitar.

Hanya saja, penting bagi orang tua untuk bersikap sabar dalam menghadapi anak. Terutama anak anak yang masih dalam usia masa pertumbuhan.

Sebab, kebiasaan orang tua dalam  memarahi dan membentak anak akan  memiliki dampak yang sangat buruk atau negatif terhadap tumbuh kembang anak. 

BACA JUGA:Hari Ini, Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono Terima Gelar Adat Dubalang Sakti Utamo dari LAM Jambi

BACA JUGA:Ingin Awet Muda? Jauhi Kebiasaan Ini untuk Menghindari Penuaan Dini

Penting bagi siapapun untuk menyadari bahwa pola pengasuhan orang tua memiliki dampak yang signifikan pada tumbuh kembang anak. Saat orang tua sering menggunakan bentakan sebagai metode pengasuhan, hal itu bisa memiliki berbagai dampak yang sangat buruk. Adapun dampak buruk yang akan dirasakan anak :

1. Penurunan Rasa Percaya Diri

Bentakan yang berulang dari orang tua dapat menghancurkan rasa percaya diri anak. Mereka mungkin menjadi tidak yakin dalam mengambil keputusan dan menghadapi tantangan dalam hidup.

2.. Kehilangan Koneksi Emosional dengan Orang tua

Sikap orang tua yang sering membentak, bisa merusak hubungan emosional antara anak dan orang tua. Anak mungkin merasa takut atau tidak nyaman untuk berbicara dan berbagi perasaan dengan orang tua. Kebiasaan membentak anak akan membuat hubungan anak dengan orang tua seperti ada jarak. Anak bisa saja menjadi sangat tertutup dan tidak percaya ke orang tua, bahkan hingga ia dewasa kelak.

3. Meningkatkan Risiko Masalah Mental

Anak-anak yang sering dibentak bisa berisiko mengalami masalah kesehatan mental seperti kecemasan, depresi, atau masalah perilaku lainnya di masa dewasa. Anak-anak ini sangat rentan mengalami peningkatan masalah mental yang bisa berdampak buruk buat perkembangannya di masa depan. 

BACA JUGA:5 Zodiak Perempuan Paling Gesit, Gak Suka Basa-Basi dan Bertele-tele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: