Tenaga Honorer Tidak Jadi Dihapus, Ini Penjelasan Pemkab Tanjab Timur

Tenaga Honorer Tidak Jadi Dihapus, Ini Penjelasan Pemkab Tanjab Timur

Tenaga Honorer Tidak Jadi Dihapus-Ist/jambi-independent.co.id-

MUARASABAK, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Isu terkait akan dilakukannya penghapusan tengah honorer di setiap intasi yang ada di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) sempat santer terdengar di mana-mana sejak memasuki tahun 2023 ini.

Hal itu dikarenakan, nantinya posisi tenaga honorer itu akan digantikan oleh tenaga PPPK hasil perekrutan yang dilakukan oleh masing-masing Pemkab.

Akan tetapi, baru-baru ini MenPAN telah menerbitkan surat edaran tahun 2023 dan undang-undang nomor 20 tahun 2023. Yang mana isinya menyatakan bahwa penghapusan tenaga honorer tidak akan dilakukan.

Meski demikian, ada penekanan khusus bagi Pemkab, untuk tidak melakukan penambahan atau perekrutan kembali tenaga honorer yang baru.

BACA JUGA:3 Shio Hidup Enak Tanpa Kerja Keras, Sudah Kaya Sejak Lahir

BACA JUGA:Gegara Lahan Sawit dari Presiden Jokowi, 2 Kelompok Massa di Sungai Gelam Nyaris Bentrok

Terkait hal ini, Angga Hari Sumarta, selaku Kepala BKPSDMD Kabupaten Tanjab Timur saat diwawancarai mengatakan, dalam surat edaran tersebut dijelaskan, jika ada tenaga honorer yang berhenti, pihak Pemkab tidak boleh mengisi posisi itu dengan tenaga honorer yang baru.

"Dari hasil surat edaran dan undang-undang yang sudah kita terima, kita hanya boleh melanjutkan masa kerja dari tenaga honorer yang sudah ada," ucapnya.

Dalam surat edaran itu juga menerangkan, nantinya Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM) yang telah ditandatangani oleh Kepala Daerah itu akan menjadi bahan pemeriksaan oleh pihak BPKP dan BKN.

Meski demikian, akan ada pengecualian bagi tenaga honorer yang bertugas di rumah sakit, petugas pengangkut sampah serta petugas pemotong rumput. Hal itu pun dengan beberapa alasan dan pertimbangan yang telah diambil.

BACA JUGA:Kembali Bersemangat, Ini 5 Zodiak Bangkit di Tahun 2024, Lupakan Masa Lalu yang Penuh Kesedihan

BACA JUGA:Ingin Dapat Suasana Hati dan Kesehatan Mental yang Lebih Baik, Lakukan Aktifitas ini

Itu karena, petugas medis ini sangat dibutuhkan. Jika ada yang berhenti, tentunya bisa menggangu pelayanan di rumah sakit itu sendiri.

Begitu juga dengan petugas pengangkut sampah. Kalau ada yang berhenti, tentu dapat mengurasi tenaga pengajar sampah yang ada, yang bisa berdampak dengan tidak maksimalnya pengangkutan sampah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: