Harus Mampu Mandiri, Ini 5 Tips Mengatur Keuangan Ala Mahasiswa yang Merantau

Harus Mampu Mandiri, Ini 5 Tips Mengatur Keuangan Ala Mahasiswa yang Merantau

Tips mengatur keuangan ala mahasiswa rantau-Foto : ilustrasi-Net

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Ini tips mengatur keuangan ala mahasiswa yang merantau. Mereka harus mampu mengatur keuangan dengan baik dan maksimal. Sehingga nantinya tidak kesulitan keuangan saat akhir bulan.

Menjadi mahasiswa apalagi merantau jauh dari orang tua tentunya bukan perkara mudah. Ada banyak hal yang harus dilakukan sendiri agar tetap bisa mandiri.

Juga harus bisa maksimal dalam melakukan apapun termasuk dalam hal mengatur keuangan. Orang tua akan mengirimkan yang setiap awal bulan. Lalu, uang tersebut harus semaksimal mungkin bisa digunakan. 

Menjadi mahasiswa yang hidup di perantauan tentu memiliki tantangan besar. Hidup jauh dari orang tua, secara tidak langsung melatih mental untuk hidup mandiri.

BACA JUGA:Ketua Umum Jaringan Santri Indonesia Jawa Tengah: Prabowo Subianto Tokoh Pemersatu Bangsa

BACA JUGA:Duh..Segera Hindari Ya...Ini Penyebab Jerawat di Kulit Kepala, Jaga Kebersihan Rambut

Tak jarang, mahasiswa yang baru pertama kali merasakan hidup di perantauan merasa kesulitan beradaptasi, khususnya dalam mengelola keuangan. Oleh karena itu, mahasiswa perlu belajar mengelola keuangan dan menghemat pengeluaran.

Berikut tips mengatur keuangan ala mahasiswa yang merantau :

1. Biasakan Diri Menabung.

Bagi mahasiswa rantau, menabung dianggap menjadi hal yang cukup sulit dilakukan. Namun, tips ini akan sangat berguna karena uang tabungan ini dapat dijadikan dana darurat.

Usai menetapkan catatan pengeluaran sehari-hari, menabung dapat dilakukan dengan menyisihkan 5-10% sisa uang bulanan. Sekalipun nominalnya tidak besar, menabung tetap dapat dilakukan secara rutin.

2. Belajar Masak Sendiri

Memasak sebenarnya menjadi hal yang cukup sulit bagi mahasiswa rantau yang tinggal di kos. Meski begitu, dengan bahan-bahan yang ada, mahasiswa tetap bisa berkreasi dengan berbagai olahan makanan.

BACA JUGA:Update Kasus Tewasnya Santri di Ponpes Raudhatul Mujawidin Rimbo Bujang, Ini Penjelasan Kejari Tebo

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: