Bank Sampah Sihkumbang Resmi Beroperasi

Bank Sampah Sihkumbang Resmi Beroperasi

Bank Sampah Sikumbang mulai beroperasi -Foto : Desi-Jambi-independent.co.id

JAMBI, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat akan pemanfaatan dan pengelolaan sampah baik organik maupun non organik, kini Bank Sampah Sihkumbang diresmikan.

Bank sampah Sihkumbang merupakan singkatan dari bersihkan, kumpulan,dan timbang. 

Bank sampah Sihkumbang  sendiri berlokasi di Kecamatan Pall Merah, Kelurahan Eka Jaya, Kota Jambi.

Menurut informasi yang disampaikan oleh Direktur Bank sampah Sihkumbang  Sugianto, dengan berdirinya Bank sampah Sihkumbang ini diharapkan bisa membantu mensosialisasikan kepada masyarakat bagaimana mengelola sampah menjadi barang yang berguna bahkan memiliki daya jual.

BACA JUGA:6 Tips Mengurangi Asupan Makanan Cepat Saji: Langkah Menuju Gaya Hidup Lebih Sehat

BACA JUGA:5 Shio yang Menjadi Kebanggan Keluarga Karena Sukses Berbisnis

"Sesuai dengan visi misi Bank sampah Sihkumbang, bahwasanya sampahku adalah tanggungjawab ku dan kebersihan adalah investasi," katanya.

Namun disisi lain, Sugianto juga berharap bahwa dengan diresmikannya bank sampah Sihkumbang ini dapat membantu pergerakkan ekonomi Jambi dan mengurangi angka pengangguran.

 "Mudah-mudahan menjadi salah satu penggerak ekonomi di Jambi terutama di daerah Eka Jaya dan sekitarnya," sebutnya.

Sugianto optimistis bahwa tidak ada yang tak mungkin jika semuanya kompak dan berkerjasama. Bagi sebagian masyarakat sampah itu tidak ada artinya, tapi ditangan orang yang tepat sampah memiliki daya jual.

BACA JUGA:Dinas Pendidikan Provinsi Jambi Raih Penghargaan OPD Terbaik dalam Pengutamaan Bahasa di Lingkup Pemprov Jambi

BACA JUGA:WADUH, PDAM Tirta Pengabuan Tanjab Barat Nunggak Listrik hingga Rp 420 Juta

"Asal kita semua mau merubah kebiasaan kita dalam mengelola sampah yang sebelumnya tidak ada artinya menjadi ada nilainya,"  jelasnya.

Sugianto menuturkan berdirinya bank sampah  Sihkumbang ini  diawali pada bulan Mei 2023 lalu, dimana ia mulai nekat untuk membangun sebuah gudang. Dalam artian dalam proses pembangunan gudang bank sampah Sihkumbang ini Sugianto memakai dana pribadi atau swadaya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: