Mobil Mendadak Overheat Jangan Panik, Ini 9 Langkah Awal yang Perlu Dilakukan

Mobil Mendadak Overheat Jangan Panik, Ini 9 Langkah Awal yang Perlu Dilakukan

Mobil Overheat--

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Mesin mobil overheat adalah kondisi dimana suhu mesin terlalu tinggi jauh di atas suhu optimal mesin. 

Perjalanan jauh bisa jadi salah satu penyebab mobil overhead.

Jika terjadi overhead, berarti ada yang salah pada sistem pendinginan mesin mobil kamu.

Jika mobil Anda mengalami overheating, langkah-langkah berikut dapat membantu:

BACA JUGA:5 Shio yang Harta Kekayannya Bertambah di November 2023

BACA JUGA:Extra Fan Mobil Anda Mulai Lemah? Segera Lakukan Ini Sebelum Kerusakan Lebih Parah

Berhenti segera: Jika indikator suhu atau tanda-tanda overheating lainnya muncul, berhentilah segera di tempat yang aman. Matikan mesin dan biarkan mobil mendingin.

Jangan Buka Tutup Radiator: Jangan membuka tutup Radiator atau tangki pendingin saat mesin masih panas atau dalam keadaan overheating. Sistem pendinginan bisa berada di tekanan tinggi dan membuka tutup Radiator saat panas bisa berbahaya.

Biarkan Mesin Mendingin: Tunggu hingga mesin benar-benar dingin sebelum membuka penutup radiator untuk mengecek tingkat cairan pendingin. Ini bisa memakan waktu beberapa jam.

Periksa Tingkat Cairan Pendingin: Setelah mesin dingin, periksa level cairan pendingin. Jika kurang, tambahkan cairan pendingin atau air sesuai petunjuk manual.

BACA JUGA:9 Tips Agar Tidak Malas Bangun Pagi di Saat Weekend

BACA JUGA:Lezatnya, Ini Resep Cumi Bakar yang Cocok Disantap Bersama Keluarga, Bikin Nagih

Periksa Kondisi Radiator dan Selang: Periksa apakah ada kebocoran, kerusakan, atau sumbatan pada radiator dan selang-selang pendingin. Periksa juga apakah kipas radiator berfungsi dengan baik.

Periksa Kondisi Tali Penggerak: Pastikan tali penggerak yang terhubung dengan kipas radiator tidak putus atau kendur. Jika putus, kipas mungkin tidak berputar dengan baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: