BI Jambi Gelar Forum Ekonomi dan Bisnis Jambi, Begini Prediksi Kondisi Ekonomi Jambi 2024

BI Jambi Gelar Forum Ekonomi dan Bisnis Jambi, Begini Prediksi Kondisi Ekonomi Jambi 2024

Hermanto, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jambi-Foto : Bank Indonesia Provinsi Jambi-Jambi-independent.co.id

Inflasi yang persistent di AS mendorong kebijakan Fed Funds Rate (FFR) higher for longer yang diikuti peningkatan yield obligasi dan mendorong capital outflow dari negara Emerging Market termasuk Indonesia.

Namun demikian ditengah tantangan dinamika eksternal tersebut, kinerja rupiah cenderung lebih baik dibandingkan negara di Kawasan dan Global. Lebih lanjut, cadangan devisa Indonesia tetap tinggi sebesar 134,9 milyar USD. Setara dengan pembiayaan 6,1 bulan impor di atas standar internasional yaitu 3 bulan impor.

BACA JUGA:Ketua DPRD Provinsi Jambi Edi Purwanto Harapkan Pembukaan STQH jadi Momentum Angkat Nama Jambi di Nasional

BACA JUGA:Harga Ramah di Kantong, Samsung Luncurkan 2 Tablet di Indonesia, Buruan Cek Spesifikasinya

Pertumbuhan Ekonomi triwulan III 2023 diprakirakan termoderasi pada triwulan III 2023, sejalan dengan perlambatan kinerja pada LU Pertanian dan LU Pertambangan (dipengaruhi base effect). Sementara itu, pertumbuhan triwulan IV 2024 diprakirakan tumbuh terakselerasi didukung penyelenggaraan Hari Raya Natal dan Tahun Baru yang mendorrong peningkatan aktivitas ekonomi domestik sesuai dengan pola musimannya.

Pertumbuhan Ekonomi keseluruhan tahun 2023 diprakirakan tumbuh melambat pada rentang 4,05%-4,85%, sejalan dengan perlambatan kinerja pada LU Pertambangan. Sedangkan, mencermati perkembangan dinamika ekonomi global pertumbuhan ekonomi Provinsi Jambi 2024 diproyeksikan tumbuh pada rentang 4,70%-5,20%. *

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: