Penyebab Rambut Rontok pada Pria, Bisa jadi Faktor Lingkungan

Penyebab Rambut Rontok pada Pria, Bisa jadi Faktor Lingkungan

rambut rontok -Foto : ilustrasi-Jambi-independent.co.id

Gaya Hidup Kurang Sehat

Gaya hidup kurang sehat dapat menjadi penyebab rambut rontok pada pria. Misalnya karena kurang nutrisi. Pola makan yang tidak seimbang dan kekurangan nutrisi penting seperti vitamin dan mineral dapat mempengaruhi kesehatan rambut. Nutrisi yang cukup penting untuk pertumbuhan rambut yang sehat termasuk protein, zat besi, vitamin B, vitamin D, dan omega 3.

Selain itu, kebiasaan merokok juga dapat mengganggu sirkulasi darah ke folikel rambut. Hal itu dapat menyebabkan kerontokan rambut. Di samping itu, penggunaan produk perawatan rambut yang mengandung bahan kimia keras secara berlebihan juga dapat merusak folikel rambut dan menyebabkan kerontokan rambut.

Bukan itu saja, kurangnya perawatan rambut yang tepat, seperti jarang mencuci rambut, penggunaan alat styling yang panas secara berlebihan, atau pengikatan rambut yang terlalu ketat, dapat menyebabkan kerusakan pada rambut dan menyebabkan kerontokan.

Faktor Lingkungan

Faktor lingkungan juga dapat menjadi penyebab rambut rontok pada pria. Paparan panas, sinar matahari, tekanan, radiasi sinar X, dan air pada rambut dapat menyebabkan kerusakan pada folikel rambut dan mengganggu pertumbuhan rambut.

Selain itu, penggunaan produk kosmetik rambut seperti shampo, pengeriting, pelurus, pewarna, pemudar warna, serta model tatanan rambut yang tidak tepat juga dapat menyebabkan kerontokan rambut. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: