Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Unja Laksanakan Pengabdian Masyarakat di Posyandu Kenali Besar

Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Unja Laksanakan Pengabdian Masyarakat di Posyandu Kenali Besar

Pengabdian masyarakat Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat Unja-Foto : Unja-Jambi-independent.co.id

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID -Dosen Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, Universitas Jambi Silvia Mawarti Perdana, S.Gz., M.Si., Ismi Nurwaqlah Ibnu, S.Gz., M.Kes., dan Kasyani, S.Gz., M.PH  bersama mahasiswa melaksanakan pengabdian kepada masyarakat di Kelurahan Kenali Besar Kota Jambi. 

Dalam kegiatan ini telah dilakukan revitalisasi Posyandu dan layanan konsultasi gizi dengan sasaran ibu hamil, ibu menyusui, dan balita.

Posyandu merupakan kegiatan yang dilaksanakan oleh, dari, dan untuk masyarakat. 

Kegiatan posyandu terdiri dari lima meja kegiatan, yaitu pendaftaran, penimbangan, pencatatan hasil timbang, penyuluhan ibu balita, hamil atau menyusui, dan pelayanan KB dan imunisasi. 

BACA JUGA:Pinjaman KUR BRI Rp 25 Juta Tanpa Jaminan Apapun, Penuhui 4 Syarat Ini Pasti Cair!

BACA JUGA:Beredar Nama Calon Pj Wali Kota Jambi Telah Diajukan 8 Fraksi, Ketua KAD: Jangan Cawe-cawe

Melalui penyelenggaraan Posyandu dapat terdeteksi masalah kesehatan yang terjadi di masyarakat sejak dini, khususnya pada kelompok usia 1000 hari pertama kehidupan. 

Tenaga pelaksana Posyandu adalah masyarakat sendiri yang biasa disebut kader. 

Kualitas dan pemahaman kader Posyandu sangat menentukan usaha peningkatan kualitas pelayanan Kesehatan di posyandu. Dengan demikian, kemampuan kader harus dikembangkan untuk berpotensi secara maksimal, dengan bekal pengetahuan dan keterampilan yang disesuaikan dengan tugas yang diemban dalam mengelola posyandu, agar dapat berperan aktif dalam meningkatkan kesehatan masyarakat.

Selain peningkatan kapasitas kader posyandu dan penyerahan media edukasi konsumsi dan status gizi berupa cakram gizi dan piring gizi anak.

BACA JUGA:7 Shio yang Paling Tahan Banting hingga Bisnis yang Dirintisnya Sukses, Apa Kamu Termasuk?

BACA JUGA:Ketua ATJ Jambi: Perusahaan Batu Bara Masih Kucing-kucingan

Juga turut dilakukan kegiatan konsultasi gizi kepada pengunjung posyandu dengan tujuan memberikan solusi terhadap masalah konsumsi dan status gizi.

 Kegiatan pengabdian Masyarakat ini juga turut menjadi lahan praktik bagi penyelenggaraan mata kuliah Dasar Ilmu Gizi Kesehatan Masyarakat yang ada di Prodi Ilmu Kesehatan Masyarakat, FKIK, Universitas Jambi. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: