Jangan Boros Boros Ya, Ini 6 Tips Mengelola Rekening Bulanan Khusus Milenial, Keuangan Makin Terjaga

Jangan Boros Boros Ya, Ini 6 Tips Mengelola Rekening Bulanan Khusus Milenial, Keuangan Makin Terjaga

Tips mengatur rekening bulanan agar keuangan makin mantap-Foto : ilustrasi-Net

2. Bijak Menggunakan Kartu Kredit

Saat ini membeli barang memang semakin mudah. Bahkan dengan sedikit modal, Anda bisa mendapatkan barang mahal secara kredit. Namun, kurang bijak dalam menggunakan kartu kredit bisa tidak sehat bagi keuangan Anda.

 Karena itu, sebaiknya usahakan untuk menggunakan kartu kredit saat belanja dengan nominal besar atau saat terdesak. Selain itu, pilih penyedia kredit yang bunganya rendah dan memiliki kebijakan yang meringankan.

3. Buat Anggaran Bulanan

Sangat mudah untuk mengeluarkan uang. Namun jika pengeluaran tersebut tidak terkontrol, penghasilan bulanan dipastikan akan selalu habis. Agar tidak mengalami masalah seperti ini, Anda bisa membuat anggaran bulanan.

BACA JUGA:CATAT! Ini Pertanyaan dari Pihak Bank Saat Survei KUR BRI, Jangan Sampai Salah Jawab

BACA JUGA:Pernah Dengar Diet Telur Rebus? Ini Pengertian dan Cara Melakukannya

Anggaran bulanan ini sebaiknya dibuat di awal bulan atau sebelum Anda mulai membelanjakan penghasilan yang Anda dapatkan. Catat pengeluaran rutin. Dari setiap pengeluaran yang sudah dicatat, mulailah untuk membuat skala prioritas.

Saat membuat anggaran bulanan, pengeluaran rutin seperi tagihan listrik, tagihan kredit dan biaya hidup untuk satu bulan harus diprioritaskan. Jangan lupa juga untuk selalu menganggarkan dana darurat sebagai antisipasi jika hal-hal tak terduga terjadi.

4. Buat Laporan Keuangan Harian

Setiap pengeluaran harus dicatat. Lakukan ini setiap harinya. Laporan keuangan harian bisa menjadi alat kontrol pengeluaran Anda. Selain itu, laporan tersebut juga bisa Anda gunakan untuk menganalisa pengeluaran yang tidak begitu penting dan menghindarinya di masa yang akan datang.

5. Sisihkan Penghasilan untuk Investasi

Masa pensiun harus disiapkan sejak dini. Akan tetapi, menabung saja tidaklah cukup. Anda juga harus mempersiapkan hari tua dengan berinvestasi. Investasi inilah yang nantinya akan memberi Anda pasive income untuk memenuhi kebutuhan saat Anda tidak lagi bisa bekerja.

BACA JUGA:Pernah Dengar Diet Telur Rebus? Ini Pengertian dan Cara Melakukannya

BACA JUGA:Selain Ismail Ibrahim, Ini 2 ASN Pemprov Jambi yang Terlibat Kasus Korupsi Peningkatan Jalan Padang Lamo

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: