Hari ke-5 Operasi, 204.000 Liter Bantuan Air Bersih Untuk Warga Kota Jambi

Hari ke-5 Operasi, 204.000 Liter Bantuan Air Bersih Untuk Warga Kota Jambi

Operasi air bersih, Walikota Jambi salurkan air ke warga berdampak kekeringan-Foto : Rizal Zebua-Jambi-independent.co.id

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Hari ke-5 Operasi Penyaluran Air Bersih bagi masyarakat Kota Jambi yang mengalami kekeringan sumber Air Bersih, bantuan telah menjangkau puluhan RT di beberapa kelurahan dan kecamatan dalam wilayah Kota Jambi.

"Total 204.000 liter air bersih yang disalurkan ke 47 titik lokasi diseluruh wilayah Kota Jambi," ujar Abu Bakar Kadiskominfo Kota Jambi, Minggu 17 September 2023.

"Saat ini distribusi air bersih masih dilaksanakan sepenuhnya oleh Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Mayang Kota Jambi. Untuk unit dari DLH dan damkar masih stanby jika kedepan dibutuhkan mendukung operasi ini," tanbahnya.

Sejak dicanangkan oleh Wali Kota Jambi beberapa waktu lalu, banyak warga yang menghubungi Tim Satgas untuk mendapat distribusi air bersih. Tim Perundam Tirta Mayang pun langsung bergerak mengirimkan air bersih menggunakan 3 unit mobil tangki air.

BACA JUGA:Warga Tutup Akses Jalan, Hampir 4 Hari Supir Truk Batu Bara Terjebak Tak Bisa Beroperasi

BACA JUGA:Semarak Festival Sedekah Bumi Tanjung Sari Antusias Dihadiri Warga Kota Jambi

Aksi cepat tanggap tersebut memang dilakukan oleh Wali Kota Jambi untuk merespon keluhan masyarakat yang mengalami kekurangan air bersih akibat kemarau panjang yang melanda Kota Jambi. 

"Atas dasar kemanusiaan dan memang sudah menjadi tanggung jawab pemerintah, bantuan air bersih ini tidak hanya ditujukan bagi pelanggan PDAM Tirta Mayang yang terdampak, namun gratis bagi semua warga Kota Jambi yang membutuhkan. Silahkan ini dimanfaatkan dengan baik," ujar Wali Kota Fasha melalui saluran komunikasi WhatsApp kepada awak media.

Saat ditanya sampai kapan operasi ini akan berlangsung, Fasha yang saat ini mewakili Indonesia menjadi pembicara SDGs Summit 2023 di Markas PBB New York Amerika, sampaikan bahwa operasi akan terus berlangsung hingga batas yang belum ditentukan.

"Operasi belum kita tentukan sampai kapan, namun akan kita evaluasi terus efektivitasnya. Yang paling penting kita semua berdoa agar semoga hujan segera turun," tulis Fasha.

BACA JUGA:Asian Agri Bangun Sumur Bor Bagi Warga yang Kesulitan Air Bersih di Dusun Tanggo Rajo dan Desa Tou Sumay

BACA JUGA:Pinjaman KUR BRI 2023 Tak Bisa Cair 100 Persen, Begini Penjelasan Lengkapnya

Kota Jambi mengalami kemarau panjang tahun ini. Masyarakat diberbagai wilayah di Kota Jambi pun cukup terdampak. Sumber air bersih masyarakat banyak mengering. Begitu pula muka air Sungai Batanghari mengalami pendangkalan. Sebagai air baku Perumdam Tirta Mayang Kota Jambi, kondisi ini cukup mempengaruhi kapasitas produksi perusahaan air minum Kota Jambi itu.

Sebelumnya, Direktur Utama Perumdam Tirta Mayang Kota Jambi, Dwike sampaikan bahwa pihaknya akan membuka layanan pengaduan melalui nomor khusus dan operasi ini akan terus berjalan kedepannya melayani masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: