Sambut Tahun Politik, Bawaslu Tanjab Timur Paparkan Mekanisme Publikasi

Sambut Tahun Politik, Bawaslu Tanjab Timur Paparkan Mekanisme Publikasi

Bawaslu Tanjab Timur paparkan mekanisme publikasi unk Pemilu 2024-Foto : Harpandi-Jambi-independent.co.id

MUARASABAK, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID- Menyambut perhelatan Pemilu serentak yang akan dilaksanakan tahun 2024 mendatang, pihak Bawaslu Kabupaten Tanjab Timur menggelar kegiatan penyampaian mekanisme publikasi dan dokumentasi pengawasan pencalonan Presiden dan wakil Presiden, serta anggota DPR, DPD dan DPRD, Minggu 10 September 2023.

Kegiatan yang mengambil tema pengelolaan kehumasan sebagai sarana sosialisasi terkait peran Bawaslu dalam pengawasan Pemilu 2024. Kegiatan dipimpin langsung oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Tanjab Timur Tarmuzi, yang didampingi oleh Nurdin selaku Divisi HP2P dan Sakurahman Divisi P3S.

Selain itu, kegiatan ini juga dihadiri oleh seluruh ketua Panwascam dari 11 kecamatan yang ada di Kabupaten Tanjab Timur dan sejumlah jurnalis dari beberapa media ada.

Dalam sambutannya, Tarmuzi mengajak seluruh pengawasan baik itu dari tingkat Panwascam dan PPS, untuk bisa menjalankan tupoksi serta perannya dengan baik dan benar.

BACA JUGA:Satgas PAKI Blokir 288 Pinjol Ilegal, Ini Daftar Pinjol Resmi OJK yang Aman dengan Limit Rp25 Juta

BACA JUGA:Lengkap! Ini Cara dan Syarat Pinjam Uang KUR BRI 2023, Bisa Cair Rp50 Juta hingga Rp500 Juta

Dimana, saat ini sudah memasuki pencalonan anggota legislatif, dan tahapannya sudah sampai penetapan DCS. Jadi, seluruh petugas Bawaslu dari segala tingkatan harus menyikapi dengan jeli dan mendetail hal-hal yang bisa memunculkan pelanggaran.

"Alhamdulillah, saat penetapan DCS kemarin sudah berjalan lancar, tidak ada sanggahan atau gugatan. Tahap selanjutnya yaitu penetapan DCT, untuk itu semua pihak termasuk masyarakat juga bisa ikut mengawasinya," ungkapnya.

Selanjutnya, saat memasuki tahap Kampanye nantinya, Ketua Bawaslu periode 2023-2028 ini juga menegaskan, sekretariat yang ada di setiap wilayah jangan sampai kosong.

"Jangan sampai ada masyarakat yang terhalang untuk melapor. Nantinya kami juga akan turun untuk melakukan Sidak di setiap sekretariat yang ada, untuk mengawasi peran petugas kami di masing-masing wilayah," tegas Tarmuzi.

BACA JUGA:Penuh Inspiratif, Ini 6 Zodiak Dikagumi Karena Kecerdasannya, Memotivasi dan Selalu Bersemangat

BACA JUGA:4 Shio Beruntung Dalam Hal Percintaan, Romantis dan Penuh Kasih Sayang

Dirinya juga menyebutkan, peran media dalam juga sangat penting dalam perhelatan Pemilu, sebagai sarana informasi resmi, juga berperan sebagai pengawasan yang akan ditayangkan dalam sejumlah pemberitaan yang ada.

"Keterbatasan anggota Bawaslu yang ada, dari seluruh jajaran, membuat hadirnya media sebagai sarana informasi resmi dan juga peran serta masyarakat dalam pengawasan sangat lah penting. Segala laporan pemilu akan cepat kami respon dan kami tindaklanjuti," pungkasnya. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: