Ini Tips Berkendara Aman dalam Kondisi Kabut Asap

Ini Tips Berkendara Aman dalam Kondisi Kabut Asap

Tips berkendara aman saat kabut asap-Foto : Honda Sinar Sentosa-Jambi-independent.co.id

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID – Seperti yang diketahui, Provinsi Jambi saat ini sedang dilanda fenomena kabut asap dikarenakan salah satu dampak dari kebakaran hutan dan lahan (karhutla). 

Dikarenakan hal tersebut kualitas udara di Jambi menjadi tidak sehat dan jarak pandang dikategorikan buruk. Maka dari itu, Instruktur Safety Riding Honda PT Sinar Sentosa Primatama (Sinsen) Agung Sanjaya akan berbagi tips berkendara aman saat kabut asap.

Berikut tips berkendara aman dalan kondisi kabut asap :

1 Rencanakan perjalanan anda. 

Dengan melakukan perencanaan perjalanan seperti memilih rute yang lebih cepat atau terbebas macet dapat menurunkan potensi kita mengalami bahaya saat berkendara di kondisi jalan yang berkabut.

2. Jaga jarak aman. 

Selalu jaga jarak kendaraan Anda dengan kendaraan lain didepan agar kita dapat menghindari bahaya yang berkemungkinan datang dari depan kita.

BACA JUGA:Kini Muncul Pinpri, Sama-sama Bahaya seperti Pinjol

BACA JUGA:Kapolda Jambi Ikuti Apel Evaluasi Penanganan Karhutla di Wilayah Sumbagsel Tahun 2023

3. Jaga kecepatan. 

Saat melintasi jalan berkabut, hindari untuk berkendara dengan kecepatan tinggi karena jarak pandang kita akan terganggu akibat kabut yang menutupi jalan.

4. Cari tempat aman. 

Jika kabut sangat tebal dan sangat mengganggu jarak pandang kita, sebaiknya berhenti dan menepi terlebih dulu. Carilah tempat yang paling aman dan jauh dari sisi jalan. Jangan memaksakan diri untuk tetap berkendara karena ini terlalu berisiko.

5. Tingkatkan Konsentrasi Dan Kewaspadaan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: