Wakil Menteri Pertanian Berikan Bantuan Pertanian Kepada Pemkab Tanjab Barat

Wakil Menteri Pertanian Berikan Bantuan Pertanian Kepada Pemkab Tanjab Barat

Wakil Menteri Pertanian Berikan Bantuan Pertanian Kepada Pemkab Tanjab Barat-Ist/jambi-independent.co.id-

KUALATUNGKAL, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) Ir. Harvick Hasnul Qolbi memberikan bantuan Bibit dan Pelaralatan Pertanian kepada pemerintah Kabupaten Tanjab Barat, serahterima bantuan pertanian tersebut dilakukan dihalaman Masjid Syekh Ustman Tungkal, Selasa (22/08/2023).

Bantuan yang diberikan Wamentan itu berupa Benih Padi Hibrida 1000 Hektar, Benih Padi Biofortifikasi Nutrizink 500 Hektare, Benih kacang kedelai 250,5 hektare, Pompa air 4 unit, Traktor roda 2 sebanyak 2 unit, dan Handsprayer (mesin semprot) 5 unit.

Wamentan Ir Harvick Hasnul Qolbi mengatakan bantuan tersebut diharapkan dapat dipergunakan dengan baik dan bisa membantu masyarakat terkhusus para petani. Apalagi disituasi dan kondisi seperti saat ini.

"Ini semua semoga bisa membantu para petani terutana mesin air di saat elnino seperti saat ini," katanya.

BACA JUGA:Kapolda Jambi Pimpin Pembukaan Acara Audit Kinerja Itwasum Polri Tahap II TA 2023

BACA JUGA:Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono Perkuat Hubungan dengan Senkom Mitra Polri

Wamen menyebutkan  saat ini pihaknya terus melakujan mitigasi sumur-sumur pompa, codetan sangat berpengaruh terhadap pertanian.

Hal itu dikarenakan hampir semua baik kebun maupun pertanian di Indonesia masih mayorittas tadah hujan yang mengandalkan hujan.

"Sementara air yang sekarang ini karena terdampak El Nino ini ini memang apa walaupun belum sampai," ungkapnya.

Ia menyebutkan jika di Bangka Belitung curah hujan masih cukup tinggi walaupun itu di bawah garis khatulistiwa. Ia berharpa semua pihak tetap optimis dan berdoa agar kekeringan tidak benar-benar terjadi secara masif.

BACA JUGA:Shio yang Selalu Dikelilingi Rezeki dan Mendapat Kasih Sayang Istri

BACA JUGA:PLN UID S2JB Nyalakan Harapan untuk Ratusan Warga Tidak Mampu

"Untuk mengatasi ini kita bisa lakukan dengan cara subsidi silang artinya di Kabupaten tertentu mungkin yang ekstrem bisa kita subsidi dari yang kabupatennya mungkin surplus walaupun kita tahu bahwa Jambi tidak surplus beras tapi perkebunannya cukup luar biasa juga ya ini ada," tutupnya.

Sementara itu, Bupati Tanjab Barat Anwar Sadat berterimakasih atas bantuan tersebut. Ia menyebutkan Tanjab Barat memilki lahan penghasil padi akan tetapi belum mampu untuk memenuhi kebutuhan sendiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: